Jakarta (ANTARA) -
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan sebanyak empat planet terlihat di langit Indonesia saat fenomena antariksa parade planet yang terjadi pada hari ini, Rabu.
 
Adapun planet yang bisa disaksikan di Indonesia antara lain Jupiter, Mars, dan Saturnus sebagai planet terang. Lalu ada Merkurius yang nampak sebagai planet redup.
 
"Ada tiga planet terang yang bisa dilihat pagi pukul 05.00 yakni Jupiter, Mars, dan Saturnus. Plus planet redup Merkurius," kata Peneliti Astronomi & Astrofisika BRIN Thomas Djamaluddin saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.
 
Thomas menjelaskan, hanya planet Mars, Jupiter, dan Saturnus yang dapat dilihat dengan mata telanjang.
 
Ia menganjurkan menggunakan teleskop agar planet-planet tersebut terlihat lebih jelas, termasuk cincin Saturnus yang juga bisa disaksikan dengan alat bantu tersebut.
 
"Jupiter dan Saturnus terlihat sebagai bintang terang. Mars terlihat sebagai bintang kemerahan.Terbaik diamati dengan teleskop sehingga bisa melihat cincin planet Saturnus," ujar Thomas.
 
Diberitakan sebelumnya, fenomena astronomi parade planet terlihat pada hari ini, di mana enam planet yakni Merkurius, Mars, Jupiter, Uranus, Neptunus, dan Saturnus berada dalam posisi sejajar.

Selain Indonesia, fenomena astronomi yang terlihat indah ini juga dapat disaksikan di sebagian besar lokasi di dunia di antaranya Abu Dhabi, Hong Kong, Athena, New York, Tokyo, Berlin, London, Reykjavik, Meksiko, Sao Paulo, dan Sydney.
 
Setiap negara memiliki waktu ideal yang berbeda-beda agar dapat menyaksikan fenomena ini dengan sangat jelas.
 
Fenomena parade planet tidak hanya terjadi dalam satu hari. Fenomena ini bisa disaksikan selama beberapa hari baik sebelum maupun sesudah tanggal 28 Agustus.

Jadi, apabila Anda melewatkan momen tersebut hari ini, bisa mencoba mengamati langit di hari lain sekitar tanggal 28 Agustus.

Perhatikan gedung atau gunung tinggi di sekitar tempat Anda menyaksikan fenomena ini yang mungkin akan menghalangi planet-planet tersebut dari pandangan mata.

Baca juga: Fenomena parade enam planet sejajar terjadi pada hari ini

Baca juga: Antisipasi pandemi, BRIN gelar forum internasional riset kesehatan

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024