terus bersinergi mendorong kemajuan pelaku usaha di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Teknologi Indonesia, Tokopedia mencatat terjadi peningkatan jumlah penjual daring di platform Tokopedia dan ShopTokopedia melalui Kampanye Beli Lokal di sejumlah daerah di Indonesia.

"Tokopedia dan ShopTokopedia terus bersinergi mendorong kemajuan pelaku usaha di Indonesia. Dan hasilnya, terdapat kenaikan jumlah penjual di masing-masing platform,” kata Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Rizky Juanita Azuz di Bali, Rabu.

Ia mengatakan dari data internal Tokopedia tercatat sebagian wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual selama setahun dengan rata-rata kenaikan jumlah penjual lebih dari empat kali lipat dari Juli 2023 hingga 2024 dibandingkan Juli 2022 hingga 2023.

Kenaikan tersebut terjadi di Nabire Papua Tengah, Halmahera Tengah Maluku Utara, Kepulauan Aru Maluku, Buton Utara Sulawesi Tenggara dan Konawe Utara Sulawesi Tenggara.

Sementara di ShopTokopedia, sejumlah wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual selama tiga bulan ke belakang yaitu Jakarta, Kalimantan Selatan, Banten, Jawa Timur, dan Bali, dengan rata-rata kenaikan jumlah penjual hampir 1,5 kali lipat pada kuartal II 2024 dibandingkan kuartal I 2024.

Menurut dia upaya Tokopedia dan ShopTokopedia lewat kampanye Beli Lokal juga berkontribusi terhadap tren belanja daring masyarakat di kategori Kecantikan dan Perawatan Tubuh yang mengalami kenaikan jumlah transaksi hampir 1,5 kali lipat lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia.

Sementara itu di Tokopedia, beberapa kategori produk yang paling laris selama enam bulan ke belakang yaitu makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan tubuh, fashion, dan kesehatan hingga rumah tangga dari 12 Desember 2023 hingga 12 Juni 2024 dibandingkan 12 Desember 2022 hingga 12 Juni 2023

"Khusus di Bali, beberapa kategori produk mengalami kenaikan transaksi signifikan selama enam bulan ke belakang, seperti penjualan produk kecantikan dan perawatan diri melalui kampanye Beli Lokal di Tokopedia melonjak 1,5 kali Iipat pada periode 12 Desember 2023-12 Juni 2024 dibandingkan 12 Desember 2022-12 Juni 2023," kata dia

Selain itu, Kampanye Beli Lokal juga turut meningkatkan tren belanja daring di Shoptokopedia selama enam bulan ke belakang.

Beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi, yaitu produk kecantikan, perawatan tubuh, makanan dan minuman, perabotan rumah tangga, dan perlengkapan dapur, dengan rata-rata kenaikan lebih dari tiga kali lipat.

“Di Bali, beberapa kategori mengalami kenaikan transaksi secara signifikan lewat kampanye Beli Lokal. Contohnya, kategori kecantikan dan fashion mengalami lonjakan penjualan hampir delapan kali lipat, sedangkan penjualan pada kategori perawatan diri naik lebih dari delapan kali lipat,” kata dia

Sementara Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatat perekonomian Bali selama kuartal III 2023 tumbuh sebesar 5,35 persen year over year (yoy) dan pertumbuhan tersebut didukung kontribusi UMKM lokal.

Pemerintah Provinsi Bali pun mencatat jumlah UMKM di Bali meningkat pesat selama lima tahun terakhir, yaitu lebih dari 13.000 UMKM pada tahun 2019, kemudian terjadi peningkatan sebanyak lebih dari 443.000 UMKM pada tahun 2023.

Berdasarkan survei dari MetrixLab pada tahun 2024, sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia juga menarik lebih banyak pengguna loyal.

Ia menyebutkan 79 persen pengguna Tokopedia berencana berbelanja lebih banyak melalui ShopTokopedia dan 77 persen pengguna ShopTokopedia berencana berbelanja lebih banyak melalui Tokopedia.

"Alasannya, pengguna ingin merasakan berbagai fitur yang inovatif sekaligus pengalaman baru dalam berbelanja daring," katanya.
Baca juga: Tokopedia beri ruang besar bagi UMKM kembangkan potensi usaha
Baca juga: Tokopedia bantu UMKM manfaatkan digitalisasi agar kian berkembang
Baca juga: Tokopedia latih UMKM batik jadi konten kreator untuk naikkan penjualan

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024