Jadi kita harap HLF MSP ini tidak hanya memberikan benefit ekonomi, tapi juga mempercepat pencapaian SDGs,
Jakarta (ANTARA) - Indonesia menargetkan dapat melahirkan perumusan pembiayaan alternatif untuk tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) melalui Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multipihak atau High Level Forum on Multi-Stakeholders Partnership (HLF MSP) 2024.
 

“Salah satu kendala dalam pencapaian SDGs adalah ketersediaan pembiayaan. Ini kita coba atasi bersama dengan merumuskan pembiayaan alternatif untuk membiayai berbagai macam upaya yang harus dilakukan dalam percepatan SDGs,” kata Deputi Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kementerian PPN/Bappenas Bogat Widyatmoko saat konferensi pers di Menara Bappenas di Jakarta, Rabu

Menurut Bogat, pencapaian SDGs di dunia bagian selatan (global south) masih tertinggal dari yang direncanakan.

Untuk itu, dia berharap gelaran HLF MSP 2024 ini dapat menjadi wadah yang memperkuat kolaborasi dalam mempercepat pencapaian SDGs.

“Jadi kita harap HLF MSP ini tidak hanya memberikan benefit ekonomi, tapi juga mempercepat pencapaian SDGs,” tambah dia.

Dia menggarisbawahi kata kunci dalam pelaksanaan HLF MSP adalah transformasi, kolaborasi, keberlanjutan, dan solidaritas. Penyelenggaraan HLF MSP disebut sebagai kelanjutan dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Afrika pada 1955.

“Boleh dikatakan ini KTT Asia-Afrika gaya baru, gaya modern yang sesuai dengan dinamika perkembangan saat ini, di mana hasil HLF MSP ini kita harap tidak hanya bermanfaat bagi Indonesia tetapi juga dunia,” tutur Bogat.

Gelaran HLF MSP 2024 akan dilaksanakan di Bali pada 1-3 September 2024, bertepatan dengan peringatan 69 tahun Konferensi Asia Afrika, atau dikenal dengan Bandung Spirit, yang mengedepankan semangat solidaritas dan kerja sama negara-negara berkembang.

Pertemuan nanti diharapkan menjadi platform yang mempertemukan berbagai pemangku kepentingan dari seluruh dunia untuk bersama-sama merancang masa depan yang lebih inklusif dan berkelanjutan, sejalan dengan semangat Bandung Spirit yang telah menjadi landasan sejak 1955.

HLF MSP 2024 akan menjadi tonggak penting dalam sejarah diplomasi dan kerja sama pembangunan internasional, terutama antarnegara berkembang.

Forum ini tidak hanya akan menemukan solusi bagi kebuntuan dalam pembangunan global, tetapi juga akan memastikan semua pihak memiliki komitmen dan peran dalam memperjuangkan solusi tersebut bersama-sama.

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024