Jakarta (ANTARA) - Pembalap wanita Alexandra Asmasoebrata lebih memilih menjalani pola hidup sehat dibandingkan dengan diet untuk menjaga kebugaran tubuh.

"Sebenernya aku olahraga lain selain balap kayak gym, lari, tennis karena itu bikin aku enjoy. Jadi itu beberapa poin cara aku menjaga pola hidup sehat," kata Alexandra pada peluncuran terbaru produk kursi refleksi pijat Osim di Plaza Indonesia, Jakarta pada Rabu.

Lebih lanjut Alexandra menjelaskan dia setidaknya berolahraga empat kali dalam seminggu.

"Aku olahraga seminggu minimal empat kali. Kalo ada waktu lebih aku lima kali, jadi aku juga rajin sauna sekarang," ujar Alexandra.

Baca juga: Alexandra Asmasoebrata tetap pilih jadi pembalap dibanding model

Baca juga: Alexandra akan habis-habisan di seri pamungkas


Pola hidup sehat dengan memperhatikan asupan makanan memegang peranan penting untuk menjaga kesehatan tubuh karena diyakini mampu menjaga berat badan dalam ukuran yang ideal. Namun, Alexandra lebih memilih menjaga kebugaran tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan istirahat yang cukup sebagai cara terbaik.

"Kebugaran tuh banyak, kalo aku ya paling penting yang pertama itu makan. Makan dan istirahat, itu yang paling aku utamakan. Kalau menurut saya, diet itu ya penting enggak penting. Saya mulai tiga tahun ini, saya merasa saya tuh gak diet. Tapi, saya mengubah pola hidup saya. Karena, kalau diet itu jatuhnya lebih pressure."

Clean eating, mengasup makanan yang dianggap "bersih" dengan fokus kepada makanan alami seperti buah dan sayur juga diterapkan Alexandra. Keseimbangan antara menjaga pola makan dan olahraga juga menjadi kunci utama dalam pola hidup sehat dia.

Selain itu, dia juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan mental untuk hidup lebih sehat.

"Pikiran kita harus sehat. Gimana caranya membuat pikiran sehat itu susah. Karena biasanya pikiran itu banyak banget hal-hal dari luar yang buat kita stres. Nah tapi gimanapun juga kita harus bisa mengolahnya aja, karena itu paling penting," ucap Alexandra.

Osim, melalui produk terbarunya, yakni uLove 3 dan uThrone mengklaim memiliki fitur artificial intelligence (AI) yang memungkinkan pengguna untuk mendeteksi tingkat stres pada tubuh.

"Kursi pijat uLove 3 akan memberikan pijatan yang dibutuhkan oleh tubuh pengguna. Pijatan tersebut dapat mendeteksi dan mengurangi tingkat stres sehingga membuat pengguna lebih rileks. Teknologi pada uLove 3 semakin lengkap dengan adanya OSIM Well-Being App yang memungkinkan pengguna untuk mengukur, memantau, dan mengelola stres," kata Senior Brand Manager OSIM Indonesia, Resti Ruhimat.

Baca juga: Ini ritual unik Alexandra sebelum balapan

Baca juga: Tinju pun jadi menu latihan Alexandra

Baca juga: Alexandra waspadai pebalap Jepang

 

Pewarta: Nabila Khalid, Shifa Az Zahra/Ida Nurcahyani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024