siswa diajarkan tentang jenis-jenis tanaman produktif yang ada di lahan Balai Penyuluh Pertanian Kembangan
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat mengajari siswa sekolah dasar (SD)  bercocok tanam untuk mendukung Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat, Novy C. Palit mengatakan  lewat kegiatan tersebut siswa diajarkan tentang jenis-jenis tanaman produktif yang ada di lahan Balai Penyuluh Pertanian Kembangan.

"Kami kenalkan sayuran jenis cabai, tomat, terong, mangga, anggur, termasuk jenis tanaman obat (toga) dan lain-lain," kata Novy di Jakarta, Rabu, saat memberikan penyuluhan kepada 218 siswa SDN Duri Kosambi 06 Pagi.

Selain itu, siswa  juga langsung praktik cara bercocok tanam, salah satunya cabai  mulai dari penyemaian, penanaman, perawatan pada wadah plastik (polybag).

Menurut dia kecintaan anak SD terhadap budidaya tanaman produktif dapat mendukung ketahanan pangan untuk mewujudkan "Jakarta Go Green" ke depan," kata Novy.

"Dengan anak-anak cinta tanaman produktif, selain dukung ketahanan pangan di DKI Jakarta juga ikut membantu menciptakan Jakarta yang lebih hijau," tutur Novy.

Sementara itu, Wakil Kepala SDN Duri Kosambi 06, Yan Firmamsyah menyebut  berkaitan dengan P5 Kurikulum Merdeka, siswa dikenalkan dengan jenis-jenis tanaman dan pohon produktif serta diajarkan cara bercocok tanaman yang baik dan benar.

"Kunjungan ke BPP Kembangan ini untuk edukasi para siswa soal cara bercocok tanam yang baik dan benar dalam rangka mendukung ketahanan pangan. Kemudian pengenalan akan jenis jenis tanaman dan pohon produktif," ucap Yan.

Menurut dia dengan pengalaman langsung tersebut para siswa bisa mempraktikkan di lahan sekolah  mulai dari penyemaian, menanam, merawat, hingga memanen.

"Harapannya,  siswa bisa menerapkan di lingkungannya masing-masing," kata Yan.
Baca juga: KPKP DKI Jakarta raih predikat stan terbaik di Indotani Expo Bandung
Baca juga: 35 peserta daftar menjadi Duta Urban Farming 2024
Baca juga: KPKP DKI terangkan tiga tanaman cabai sudah bisa penuhi satu keluarga


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024