Kami menyambut baik hadirnya rute-rute penerbangan baru di Bandara Lombok ini
Lombok Tengah (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menambah tiga rute penerbangan domestik menjelang ajang MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika pada 27-29 September 2024.

"Kami menyambut baik hadirnya rute-rute penerbangan baru di Bandara Lombok ini," kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Barata Singgih Riwahono di Lombok Tengah, Rabu.

Menjelang gelaran MotoGP Mandalika 2024, dua maskapai nasional yakni Super Air Jet dan Pelita Air, membuka rute penerbangan langsung dari Lombok tujuan Semarang, Batam, dan Jakarta serta sebaliknya mulai September 2024.

"Dengan banyaknya alternatif pilihan penerbangan ini, tentunya akan semakin memudahkan para pengguna jasa yang akan bepergian dari dan menuju Lombok, termasuk bagi para wisatawan serta penonton event MotoGP Mandalika 2024,” ujarnya.

Ia mengatakan Super Air Jet akan melayani rute Lombok-Semarang dan sebaliknya mulai 8 September 2024 dengan frekuensi penerbangan dua kali dalam seminggu setiap Rabu dan Minggu.

"Untuk jadwal, rute Semarang-Lombok dijadwalkan berangkat pukul 15:05 WIB dan tiba pukul 17:20 WITA, sedangkan rute Lombok-Semarang berangkat pukul 18:00 WITA dan tiba pada pukul 18:15 WIB," katanya.

Baca juga: Sampit miliki dua rute penerbangan baru percepat konektivitas daerah
Baca juga: Penerbangan ke Singapura dari Bandara Kertajati mulai 26 September


Sedangkan Super Air Jet rute Lombok-Batam dan sebaliknya mulai beroperasi pada 13 September 2024 dengan frekuensi penerbangan dua kali dalam seminggu setiap Jumat dan Minggu.

Penerbangan Batam-Lombok akan berangkat pukul 11:40 WIB dan tiba pukul 15:20 WITA, lalu Lombok-Batam dijadwalkan berangkat pukul 16:00 WITA dan tiba pada pukul 17:40 WIB. Super Air Jet menawarkan fasilitas bagasi gratis dengan berat maksimal 20 kilogram per penumpang.

Sementara itu, maskapai Pelita Air mulai melayani rute Lombok-Jakarta dan sebaliknya pada 19 September 2024 dengan frekuensi penerbangan setiap hari.

Rute Jakarta-Lombok dijadwalkan berangkat pukul 06:30 WIB dan tiba pukul 09:25 WITA. Sedangkan penerbangan Lombok-Jakarta akan diberangkatkan pukul 10:10 WITA dan tiba pada pukul 11:05 WIB.

"Pelita Air memberikan kuota bagasi secara gratis sebesar 20 kilogram per penumpang," katanya.

Pihaknya berharap akan ada lebih banyak lagi rute-rute baru dan maskapai penerbangan yang beroperasi untuk melayani penerbangan dari dan menuju Lombok.

“Infrastruktur dan kapasitas Bandara Lombok sangat mumpuni dan memadai untuk melayani lebih banyak lagi pergerakan pesawat dan penumpang," katanya.

Dengan adanya tambahan rute penerbangan Super Air Jet dan Pelita Air tersebut, nantinya Bandara Lombok akan melayani konektivitas langsung dari Lombok menuju sepuluh destinasi domestik, yaitu Jakarta (CGK), Surabaya (SUB), Yogyakarta (YIA), Bali (DPS), Bima (BMU), Sumbawa Besar (SWQ), Makassar (UPG), Balikpapan (BPN), Semarang (SRG), dan Batam (BTH).

Penerbangan-penerbangan tersebut dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia (GA), Citilink (QG), Lion Air (JT), Batik Air (ID), Super Air Jet (IU), Wings Air (IW), dan Pelita Air (IP).

Sedangkan untuk penerbangan internasional, saat ini ada dua destinasi yakni tujuan Kuala Lumpur (KUL) yang dilayani oleh maskapai Indonesia AirAsia (QZ), AirAsia Berhad (AK), dan Batik Air Malaysia (OD) serta tujuan Singapura yang dilayani oleh Scoot (TR).

Baca juga: AirAsia buka rute penerbangan Denpasar-Kota Kinabalu
Baca juga: Maskapai Citilink buka rute penerbangan langsung Kualanamu-Jeddah


Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024