Ambon (ANTARA) - Bakal calon gubernur Maluku, Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath, resmi mendaftarkan diri di komisi pemilihan umum (KPU) Maluku untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

“Baik secara fisik maupun daring, semoga berkas hari ini dapat diterima dan diteliti. Jika ada yang masi kurang kami bisa koreksi. Tetapi kami yakin berkas kami pasti lengkap dan penuhi syarat,” kata Lewerissa, di Ambon, Maluku, Rabu.

Ia juga meminta dukungan dari masyarakat dan mengumbau agar menggunakan hak pilih secara baik dan bertanggung jawab saat pencoblosan pada 27 November 2024.

Baca juga: PDIP rekomendasikan Jeffry Rahawarin-Keliobas maju Pilgub Maluku 2024

“Kepada masyarakat kami percaya tawaran rencana atau program kami akan diterima oleh masyarakat. Ini semua untuk kemajuan Maluku lebih baik ke depan,” ujarnya.

Ketua KPU Maluku, M Shaddeq Fuad, mengatakan, Lewerissa merupakan pendaftar pertama di hari kedua sejak dibuka pada 27 Agustus 2024.

“Dan telah kami periksa, kelengkapan dokumennya dinyatakan lengkap. Kami akan melakukan verifikasi kembali. Diharapkan bagi pendukung bisa tertib agar proses ini berjalan damai hingga penetapan calon,” ucap Fuad.

Baca juga: Demokrat usung Murad Ismail-Michael Wattimena pada Pilkada Maluku 2024

Berikut profil Lewerissa, bakal calon gubernur Maluku. Ia lahir pada 2 Maret 1968 di Ambon, Maluku, merupakan anggota DPR periode 2019-2024. Ia mempunyai seorang istri bernama Maya Baby Rampen. Pernikahannya sudah dikarunia tiga orang anak.

Ia kader Gerindra yang memiliki latar belakang pendidikan S2 dari Temple University, Amerika Serikat.

Setelah menyelesaikan pendidikan S2 di Amerika Serikat, Hendrik langsung bekerja sebagai staf administrasi di PT Tugu Pratama Indonesia pada 1995 hingga 2000.

Baca juga: Mendagri minta Pj Gubernur Maluku maksimalkan persiapan Pilkada 2024

Ia kemudian menjadi associate lawyer di firma hukum Makarim & Taira, kemudian menjadi corporate lawyer di Golden Spike Energy pada 2001 hingga 2002. Kemudian, Hendrik menjadi konsultan hukum di PT Nusantara Energy pada 2002 hingga 2019.

Lalu dia bergabung menjadi kader Partai Gerindra, menjadi ketua DPD Partai Gerindra Maluku pada 2010 hingga sekarang.

​​​​​​​Baca juga: KPU luncurkan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku 2024

Pada 2019, dia mencalonkan diri dan berhasil lolos menjadi anggota DPR dapil Maluku periode 2019-2024. Tidak ingin karier politiknya berhenti, dia kemudian mencoba maju sebagai bakal calon gubernur Maluku.

Sementara itu, Vanathpernah menjabat sebagai Bupati Seram Bagian Timur selama dua periode, lahir dan dibesarkan di Maluku.

Pewarta: Winda Herman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024