Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya mengangkat budaya lokal agar semakin dikenal masyarakat di tingkat nasional dalam kegiatan Festival Jiran Nusantara 2024.

"Saat ini kami sedang melakukan pematangan persiapan untuk kegiatan tersebut. Kami berharap peringatan hari jadi ke-290 Kota Mentok ini bisa berlangsung meriah dan membantu pengembangan usaha para pelaku UMKM dan masyarakat," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Rabu.

Ia menjelaskan, rangkaian acara yang akan digelar selama beberapa hari mulai 9 September 2024 tersebut akan diisi dengan kegiatan seni, budaya, perlombaan dan pentas musik.

Kegiatan diawali dengan Karnaval Budaya pada Senin (9/9), lomba lagu Melayu dua hari (9-10/9) dan puncak acara akan menghadirkan grup band Tipe-X, Rabu (11/9).

"Untuk menggelar Festival Jiran Nusantara ini kita mendapatkan dukungan dana dari APBD kabupaten dan bantuan pihak ketiga," katanya.

Ia mengatakan tujuan kegiatan ini selain mengangkat budaya Bangka Barat juga bisa dijadikan wadah untuk menampung keberagaman etnis dan suku yang ada di daerah itu.

"Semangatnya tetap mengedepankan kebersamaan dan gotong royong," ujarnya.

Agar kegiatan ini bisa semakin dikenal di tingkat nasional dan internasional, kata dia, Pemkab bangka Barat sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah kedutaan besar negara sahabat yang ada kaitannya dengan Kota Mentok sebagai salah satu lokasi terjadinya peristiwa bersejarah Perang Dunia II, antara lain dengan Kedutaan Belanda dan Australia.

"Kami sudah berkomunikasi dengan kedutaan besar dua negara tersebut agar bisa ikut berpartisipasi dalam karnaval budaya," katanya.

Melalui kegiatan itu juga diharapkan bisa meningkatkan rasa kebersamaan, kekeluargaan dan memberikan dampak positif terhadap pelaku UMKM.

"Akan banyak warga yang berkumpul di pusat Kota Mentok, ini peluang yang bisa dimanfaatkan agar bisa memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat, terutama para pelaku UMKM," katanya.

Baca juga: Sanggar seni Buleleng penampil terbaik festival budaya di Malaysia

Baca juga: Festival Harmoni Budaya digelar di Kabupaten Penajam September 2024

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024