Jakarta (ANTARA) -
Desainer Didiet Maulana mengusung konsep Sandya Niskala untuk mendesain kostum atlet Paralimpiade Indonesia yang berjuang dalam Paralimpiade Paris 2024 pada 28 Agustus - 8 September.
 
Dalam laman Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dipantau ANTARA di Jakarta, Rabu, ia membeberkan desain itu bertajuk Sandya Niskala yang berarti lahir dari kekuatan, keberanian, dan tekad pantang menyerah para atlet Paralimpiade Indonesia.
 
"Sandya Niskala diharapkan menjadi simbol motivasi dan persatuan, mendukung sportivitas, serta merayakan prestasi setiap pencapaian para atlet Indonesia yang akan berjuang di Paralympics Paris 2024," kata Didiet.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, koleksi itu menonjolkan makna persatuan dan kesatuan yang terinspirasi dari Indonesia sebagai negara kepulauan dengan beragam budaya namun tetap bersatu padu, sebagaimana dalam filosofi Bhinneka Tunggal Ika.
 
Ada pola geometris beralur layaknya gelombang laut yang menggambarkan Indonesia sebagai negara kepulauan. Sementara motifnya menyimbolkan perjuangan dan optimisme para atlet.
 
Motif yang dihadirkan, lanjut Didiet, juga menyematkan unsur burung Garuda dalam wujud bentuk bulu dan unsur motif tenun ikat yang merepresentasikan kekayaan budaya Indonesia.
 
Motif itu juga bermakna kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.
 
Ia menambahkan, unsur Indonesia juga terlihat jelas dalam kombinasi warna yang digunakan. Selain merah-putih sebagai warna bendera Indonesia, Didiet juga menghadirkan warna kuning keemasan yang melambangkan kemegahan dan kejayaan.
 
Baca juga: Mills kolaborasi dengan Didiet untuk rancang kostum atlet Paralimpiade

Perpaduan warna dan motif itu menghasilkan kostum yang sporty dan penuh semangat, tetapi tetap terlihat elegan.
 
"Tantangannya adalah bagaimana bisa memunculkan satu look sporty yang internasional tapi sarat dengan motif Indonesia," ujar Didiet.
 
Sebagai desainer tanah air, dia merasa bangga bisa ikut mendesain kostum atlet Paralimpiade.
 
Didiet berharap, desain kostum tersebut bisa menambah semangat juang para atlet untuk mengharumkan Merah Putih di kancah dunia.
 
Desainer Didiet Maulana, lewat labelnya IKAT Indonesia, ikut merancang kostum kontingen Indonesia untuk Paralimpiade Paris 2024.
 
Dalam menghasilkan kostum tersebut, Didiet berkolaborasi dengan Mills, Kemenpora, dan National Paralympics Committee Indonesia (NPC).

Baca juga: Menpora bertolak ke Paris untuk dukung langsung atlet paralimpiade
Baca juga: Menpora harapkan kostum atlet Paralimpiade diproduksi secara massal

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024