Kemendikbud bekerja sama dengan Dekranas untuk memberikan program pendidikan kecakapan wirausaha (PKW). Harapannya akan lahir penenun-penenun baru dari kegiatan ini
Jakarta (ANTARA) - Direktur Kursus dan Pelatihan, Ditjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nahdiana mengungkapkan, pameran Kriyanusa 2024 menjadi ajang pameran hasil karya penenun-penenun dalam negeri.

Kemendikbud dalam gelaran tersebut menghadirkan booth dengan menampilkan produk ekonomi kreatif seperti kain tenun hingga tas hasil produksi dari program kecakapan wirausaha yang merupakan hasil kerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

"Kemendikbud bekerja sama dengan Dekranas untuk memberikan program pendidikan kecakapan wirausaha (PKW). Harapannya akan lahir penenun-penenun baru dari kegiatan ini," ujar Nahdiana kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan, lewat program yang juga merupakan implementasi dari kurikulum merdeka belajar tersebut juga diharapkan mampu mewariskan nilai-nilai luhur bangsa melalui produk yang berbasis kearifan dalam negeri.

Lebih jauh ia menambahkan, pihaknya tak hanya memberikan pelatihan dari sisi produksi, namun juga turut mendampingi dari sisi pemasaran produk.

Dalam booth Kemendikbud di gelaran Kriyanusa, terdapat atraksi memintal benang hingga menenun kain.

Pameran Kriyanusa 2024 merupakan salah satu wujud nyata upaya Dekranas dalam mengembangkan kapasitas pelaku usaha kriya.

Istri Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Panitia Kriyanusa 2024 Yanti Isfandiary Airlangga mengatakan, gelaran ini turut mendorong penciptaan, pengembangan produk kriya lokal, sekaligus melestarikan citra budaya seluruh daerah di Indonesia.

Pameran Kriyanusa 2024 mengusung tema "Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya" dengan ikon pameran Provinsi Kalimantan Timur dengan menghadirkan 444 stan pameran yang terdiri dari 213 stan Dekranasda provinsi, kabupaten dan kota, 42 stan yayasan dan individu, 20 stan dari Provinsi Kalimantan Timur, 58 stan perajin muda, 8 stan sponsor, serta 24 stan kuliner.

Pameran Kriyanusa yang digelar 28 Agustus hingga 1 September 2024 juga dimeriahkan dengan workshop, fashion show, talkshow, pentas seni, dan tarian dari berbagai daerah, serta pertunjukan musik yang dapat dikunjungi masyarakat secara gratis.

Baca juga: Istri Erick Thohir sebut produk Kriyanusa ikuti tren masa kini
Baca juga: Wury Ma’ruf Amin resmikan pameran Kriyanusa 2024
Baca juga: Kriyanusa angkat pengrajin muda berperan dalam kemajuan wastra

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024