terus berupaya agar pelaku usaha di Indonesia bisa memulai dan membangun bisnis lewat platform lokapasar
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Teknologi Indonesia, Tokopedia memberikan ruang besar bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mengembangkan potensi usaha yang mereka miliki untuk tumbuh menjadi besar dan memiliki pangsa pasar yang luas.

"Selama 15 tahun bersama mitra strategis Tokopedia dan ShopTokopedia terus memberdayakan pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM dan ada jutaan penjual dari berbagai kategori," kata Communications Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia, Rizky Juanita Azuz di Bali, Rabu.

Ia mengatakan Tokopedia dan ShopTokopedia juga berkolaborasi bersama sederet Kementerian dan pemerintah terkait lainnya untuk mempromosikan produk lokal melalui fitur live shopping.

Menurut dia fitur ini telah dimanfaatkan banyak penjual yang sukses meningkatkan penjualan hingga berkali-kali lipat lewat live streaming 12 jam hingga 24 jam sehari.

Selain itu, lanjutnya Tokopedia dan ShopTokopedia juga menyelenggarakan Host Academy dan Creators Lab untuk membantu masyarakat menjadi pembuat konten (content creator) yang kreatif, khususnya UMKM lokal, dalam mempromosikan produk.

"Sepanjang tahun 2023-2024, para pembuat konten binaan telah membantu lebih dari 2.000 UMKM,” kata dia.

Ia menambahkan sektor UMKM memberikan kontribusi besar terhadap PDB Indonesia, yaitu lebih dari 60 persen.

"Jumlah ini sangat besar dan masih berpotensi untuk dikembangkan ke depan," kata dia.

Selain itu upaya dan dukungan yang dilakukan Tokopedia dan ShopTokopedia, antara lain kampanye "Beli Lokal" agar produk lokal menjadi pilihan utama masyarakat dan memperluas jangkauan penjualan ke seluruh Indonesia.

Ia menambahkan Festival Beli Lokal untuk mengapresiasi dan merayakan produk dan brand lokal yang berlangsung di Jakarta pada 24-25 Agustus 2024

Selain itu kampanye khusus di momen spesial, seperti Waktu Indonesia Belanja atau WIB yang berlangsung setiap periode gajian dan Waktu Indonesia Beli Lokal sebagai bagian dari WIB yang menjadi panggung khusus bagi brand lokal.

“Ada juga 'Promo Guncang'  dengan flash sale (diskon besar-besaran) hingga 95 persen beberapa kali sehari, bebas ongkir (ongkos kirim), dan berbagai promosi lainnya," kata dia.

Untuk pelaku usaha, lanjutnya ada dukungan  Tokopedia untuk membantu pesanan, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengantaran ke kurir dan penanganan kendala, sehingga penjual bisa menjangkau pasar di luar kota atau pulau,” kata dia

Sementara itu satu produk UMKM yang mendapatkan perhatian adalah Denara Bali yang merupakan salah satu UMKM Bali di kategori kecantikan dan perawatan diri.

Pelaku UMKM ini turut berkontribusi bagi perekonomian daerah melalui penjualan online dan pemanfaatan kampanye dan fitur di Tokopedia dan ShopTokopedia dengan omzet Denara Bali bisa melonjak tiga kali lipat.

Menurut dia dengan potensi yang besar dari UMKM Bali, Tokopedia dan ShopTokopedia terus berupaya agar pelaku usaha di Indonesia bisa memulai dan membangun bisnis lewat platform lokapasar.

"Dengan terus mendukung pelaku usaha di Indonesia, termasuk di Bali, harapannya masyarakat juga bisa semakin mudah dalam menjangkau berbagai produk kebutuhan, sehingga ekonomi digital Bali hingga Indonesia,” kata dia

Sementara CEO Denara Bali, Sathya Narayana mengaku melalui Tokopedia dan ShopTokopedia produk mereka mampu menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi, di luar Pulau Bali.

Ia mengatakan beberapa produk terlaris Denara Bali seperti lulur badan, losion tangan dan tubuh, dan sabun alami.

Menurut dia, Denara Bali  serius memanfaatkan ShopTokopedia dengan membentuk tim pemasaran yang di dalamnya mencakup pembuat konten (content creator) yang fokus membuat beragam konten menarik serta mengamati beragam tren.

Sathya mengatakan kehadiran ShopTokopedia menjadi strategi soft selling yang menggabungkan tren di masyarakat dengan tema khusus dan identitas Denara Bali yang menghadirkan harmoni antara keindahan alam dan rangkaian kecantikan, memberikan sentuhan alami yang memancarkan pesona Pulau Dewata.
Baca juga: Tokopedia bantu UMKM manfaatkan digitalisasi agar kian berkembang
Baca juga: Program Jawara bisa tingkatkan omzet 133 persen per bulan
Baca juga: DKI dan Sampoerna Grup dukung produk UMKM buatan lokal

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024