Dengan direhabilitasi saluran dapat lebih banyak menampung dan mengalirkan air ke Kali Mookervart
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Barat merehabilitasi saluran air sepanjang 350 meter di Jalan Dharma Wanita I, RT 11/01, Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng.

Kepala Sudin SDA Jakarta Barat, Purwanti Suryandari menyebut rehabilitasi saluran air ditujukan agar genangan di sekitar perumahan warga ketika hujan dapat disalurkan secara efektif ke Kali Mookevart.

"Dengan direhabilitasi saluran dapat lebih banyak menampung dan mengalirkan air ke Kali Mookervart, jadi ketika musim hujan sehingga daerah tersebut terhindar dari genangan," kata Purwanti di Jakarta, Rabu.

Purwanti juga menambahkan  rehabilitasi dilakukan dengan mengganti dinding turap saluran dengan semen dan pasir serta pemasangan saluran berbentuk U (U-ditch) berukuran 60×60 dan 80×80 centimeter yang selanjutnya ditutup dengan balok beton.

"Keberadaan saluran sudah ada tapi lebih kecil. Kemudian karena sudah lama dinding turap juga sudah pada rusak hingga sekarang dilakukan direhabilitasi berat," ucap Purwanti.

Pengerjaan sebagai program prioritas dengan menggunakan dana APBD 2024 itu dilakukan pihak swasta sejak tanggal 7 Agustus dan ditargetkan rampung tanggal 4 Desember 2024.

"Mulai 7 Agustus dan target rampung 4 Desember," kata Purwanti.

Adapun Ketua RW 01 Rawa Buaya, Sahri mengatakan  lokasi wilayahnya yang dekat dengan Kali Mookervat membuat wilayah RT tersebut rawan tergenang setiap musim hujan.

"Dengan diperbaiki dan diperlebar, saat musim hujan diharapkan bisa bebas dari genangan," kata dia.
Baca juga: Heru minta warga rawat Waduk Batu Bangkong di Cipayung
Baca juga: Jakpus perbesar saluran di Jalan Cempaka Putih untuk antisipasi banjir
Baca juga: Atasi banjir Jakarta, RK sebut bikin dua waduk bareng Presiden Jokowi


Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024