Dongguan (ANTARA) - Perusahaan teknologi asal China, Huawei, secara resmi mengenalkan teknologi teranyarnya bernama HUAWEI TrueSense System yang disiapkan menjadi tenaga bagi wearable-wearable rilisannya di masa depan mendukung gaya hidup yang sehat dan berkualitas.

“HUAWEI TruSense adalah terobosan besar Huawei dalam memastikan keberlanjutan inovasi terdepan pada teknologi sensor kesehatan dan kebugaran yang akan tetap menjadikan kami sebagai pionir dalam pengembangan teknologi di industri. Pengembangan kesehatan digital ini akan mendukung pengguna menjalani gaya hidup yang lebih sehat,” kata President of Smart Wearable and Health Product line Huawei Consumer Business Group Rico Zhang dalam acara perilisan global HUAWEI TruSense System and Innovative Wearable Technologies di Dongguan, China, Rabu.

Rico mengatakan selama 11 tahun berkecimpung di industri wearable, Huawei telah menghadirkan banyak inovasi teknologi dalam bentuk sensor mulai dari HUAWEI TruSeen untuk mendeteksi tanda vital seperti detak jantung, HUAWEI TruSleep untuk memantau pola tidur, ada juga HUAWEI TruFit untuk memantau komposisi tubuh, dan HUAWEI TruBP untuk mengukur tekanan darah.

Meski sudah banyak menetaskan inovasi-inovasi baru seperti yang sudah disebutkan, namun HUAWEI tidak berhenti dan terus menciptakan teknologi anyar dan yang terbaru ialah HUAWEI TruSense.

Teknologi ini memungkinkan pemantauan multidimensi dan tidak lagi mengandalkan indikator yang terpisah-pisah sehingga pengukuran kesehatan bisa lebih lengkap secara detail dan akurat.

Baca juga: Huawei Luncurkan Solusi Digitalisasi Teknologi Medis guna Mempercepat Transformasi Teknologi Pintar dalam Layanan Kesehatan

Baca juga: Jam tangan pintar rambah deteksi kesehatan darah


Penggabungan indikator-indikator kesehatan pada HUAWEI TruSense juga diharapkan bisa menjawab kebutuhan masyarakat muda dan dewasa masa ini yang mulai memperhatikan bahkan memprioritaskan kesehatan tubuh baik fisik maupun mental.

Hal ini sejalan dengan strategi global WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) untuk 2020-2030 yang ingin membangun sistem kesehatan yang berpusat pada manusia dengan teknologi kesehatan digital.

Rico menjelaskan ada enam hal yang dikembangkan pada teknologi HUAWEI TruSense di antaranya akurasi (accurate), menyeluruh (all-round), cepat (fast), fleksibel (flexible), terbuka (open), dan dapat diiterasi (iterable).
President of Smart Wearable and Health Product line Huawei Consumer Business Group Rico Zhang mengumumkan acara perilisan global HUAWEI TruSense System and Innovative Wearable Technologies di Dongguan, China, Rabu (28/8/2024). (ANTARA/Livia Kristianti)


Dalam hal menciptakan teknologi HUAWEI TrueSense yang akurat, perusahaan berfokus pada pengembangan yang dapat membedakan banyak kondisi sehingga hasil yang diberikan bisa lebih kaya dan mendalam.

Pengembangan dilakukan dengan memperhatikan bagaimana sebuah perangkat pintar bekerja dalam beragam kondisi.

Saat pengguna sedang berolahraga, profil genetik manusia yang sangat beragam secara global, terjadi perubahan cuaca dan suhu, serta kondisi detak jantung yang juga berubah dalam kondisi bergerak atau tidak.

Akurasi teknologi dikembangkan lewat tiga jenis terobosan pada sisi elektronik, sensor optik, serta material yang digunakan.

Terobosan yang dihasilkan di antaranya membuat sinyal pemantauan dari sebuah perangkat dapat terdistribusi lebih merata, menguatkan kualitas sinyal pemantauan dari gawai, serta meningkatkan pemantauan jejak optikal untuk melihat rutinitas pengguna.

Dengan pengembangan yang berfokus pada tiga hal tersebut, HUAWEI TruSense berhasil mengantongi sertifikasi-sertifikasi global seperti sertifikat SGS untuk pengukuran detak jantung hingga sertifikat dari Uni Eropa untuk pengukuran tekanan darah.

Mengenai All-Round, Rico mengatakan TruSense dikembangkan agar bisa memantau enam sistem organ tubuh yang berperan penting untuk kesehatan mulai dari sistem pernafasan, sistem sirkulasi darah, sistem syaraf, sistem endokrin, sistem reproduksi, serta sistem otot.

Semuanya dipastikan dapat terukur secara konsisten selama 24/7 untuk memastikan kesehatan dan kebugaran tubuh pengguna dalam berbagai kondisi.

Baca juga: Lima langkah mudah hidup sehat bersama Huawei Watch FIT 2

Selanjutnya dalam hal kecepatan, HUAWEI TruSense dikembangkan agar bisa melakukan pengukuran tanda-tanda vital tersebut dalam kurun waktu hitungan detik yang semakin singkat dari generasi-generasi sebelumnya.

Untuk pengukuran SpO2 misalnya, Rico menyebutkan dengan teknologi TruSense kini pengukuran bisa dilakukan 40 persen lebih cepat dari teknologi yang digunakan sebelumnya. Dari yang tadinya pengukuran dilakukan kurang lebih 25 detik, dengan teknologi TruSense kini pengukuran berpotensi menjadi 15 detik.

Rico mengatakan pengembangan internal di sisi sistem operasi serta algoritma pada TruSense memungkinkan pengukuran indikator-indikator kesehatan itu dapat lebih cepat namun tetap bisa diandalkan.

"Dengan tiga komponen yaitu akurasi, all-round, dan kecepatan. Ketiganya memungkinkan pengawasan kesehatan dalam berbagai aspek dapat terpantau di setiap detak jantung," katanya.

Selanjutnya, melalui fleksibilitas, keterbukaan, dan penelitian teknologi yang selalu berkembang, HUAWEI TruSense System membuka peluang luas bagi mitra dari berbagai ekosistem kesehatan digital di seluruh dunia berpartisipasi berkarya dengan menghasilkan solusi untuk teknologi kesehatan dan kebugaran.

Hingga saat ini, Huawei telah berkolaborasi dengan lebih dari 150 mitra dalam penelitian di berbagai bidang, mulai dari perawatan kesehatan jarak jauh hingga manajemen kesehatan keluarga.

"Melalui teknologi ini, kami menguatkan keinginan masyarakat untuk memiliki gaya hidup sehat, satu hal lainnya pada September 2024 Huawei Wearables ditenagai TrueSense System akan hadir segera, jadi harap menantikannya," tutup Rico.

Baca juga: Yang Chaobin, Huawei: Teknologi Kecerdasan Buatan untuk Jaringan Tingkatkan Produktivitas

Baca juga: Huawei FusionSolar pamerkan berbagai solusi di ajang Intersolar Europe 2024

Baca juga: Huawei Pamerkan Berbagai Solusi Pintar di Huawei Global Rail Summit 2024


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024