Lalu lintas di jalan tersebut kini terpantau ramai lancar
Jakarta (ANTARA) - Kondisi lalu lintas di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya, Senen, Jakarta Pusat, sudah kembali normal usai pendaftaran bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur (bacagub-bacawagub) Pilkada Jakarta 2024.
 
"Lalu lintas sudah normal kembali setelah pendaftaran," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro di depan Kantor KPU DKI Jakarta, Rabu.
 
Berdasarkan pantauan, pukul 15.25 WIB Jalan Salemba Raya, Senen, Jakarta Pusat sudah bisa dilewati kendaraan. Lalu lintas di jalan tersebut kini terpantau ramai lancar.
 
Beberapa petugas Kepolisian dan Dinas Perhubungan masih berkeliling untuk memastikan lalu lintas di sekitar KPU tidak mengalami gangguan setelah pendaftaran Bacagub-Bacawagub Pilkada 2024.
 
Sebelumnya, Lajur arteri di depan kantor KPU DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya, Senen, Jakarta Pusat, ditutup menjelang pendaftaran Pilkada Jakarta 2024 sekitar pukul 07.00 WIB.
 
Penutupan tersebut karena dua lajur depan KPU DKI Jakarta ini digunakan untuk massa pendukung pasangan calon (paslon). Sebagian kendaraan dimasukkan ke jalur TransJakarta untuk menghindari kepadatan di Jalan Salemba.
 
Hari ini, pasangan bakal Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) DKI Jakarta Pramono Anung dan Rano Karno pada Rabu siang sekitar pukul 11.00 WIB tiba di KPU DKI Jakarta untuk mendaftarkan pencalonannya di Pilkada 2024.
 
Pramono-Rano menjadi pasangan bakal Cagub-Cawagub pertama yang mendaftar di KPU DKI Jakarta. Mereka tiba dengan oplet berwarna biru lalu berjalan kaki diiringi pendukung yang membawa bendera dan ondel-ondel serta beraneka ragam parade kostum dan tarian.
 
Setelah itu, pukul 13.30 WIB pasangan bakal Cagub-Cawagub Jakarta Ridwan Kamil-Suswono bersama pendukungnya berjalan menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta untuk mendaftar Pilkada 2024.
 
Pasangan RK-Suswono pada Rabu siang pukul 13.30 WIB didampingi perwakilan partai politik pengusung, pendukung, dan perwakilan dari komunitas Betawi berjalan dari salah satu hotel di kawasan Kramat, Jakarta Pusat, menuju KPU DKI Jakarta. Mereka tiba di Kantor KPU DKI Jakarta pukul 13.55 WIB.
 
Adapun pelaksanaan pendaftaran Pilkada DKI ini sesuai Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.
 
Pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI selama dua hari pertama 27-28 Agustus berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sedangkan pada 29 Agustus dilaksanakan pukul 08.00 hingga 23.59 WIB.
Baca juga: RK: Slogan "Jakarta Baru Jakarta Maju" mendefinisikan Jakarta ke depan
Baca juga: Pramono Anung soroti LRT-MRT hingga kemacetan di Jakarta
Baca juga: KPU DKI minta paslon hadir bersama pimpinan parpol saat daftar Pilkada

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024