Banyak yang menggunakan pewarnaan alam dan mereka juga sudah mulai (menghadirkan) desain yang mengikuti tren,
Jakarta (ANTARA) - Liza Erick Thohir, istri dari Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, produk-produk ekonomi kreatif yang hadir dalam pameran Kriyanusa 2024 semakin mengikuti perkembangan masa kini.


Sempat menilik beberapa stan asal Sumatera Utara hingga Sumatera Barat, Liza menilai produk berupa kain atau wastra nusantara yang dipamerkan kian variatif dengan menonjolkan pewarnaan berbahan alam.

“Banyak yang menggunakan pewarnaan alam dan mereka juga sudah mulai (menghadirkan) desain yang mengikuti tren,” ujar Liza kepada ANTARA saat ditemui dalam pameran Kriyanusa 2024 di Jakarta, Rabu.

Mengenakan busana khas suku Dayak dari Kalimantan Timur, ia mengapresiasi pameran dengan tema “Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya” ini telah memperluas pangsa pasar bagi generasi muda.

Lewat pameran yang digelar 28 Agustus hingga 1 September 2024 ini mampu menarik minat anak muda sehingga dapat mengenal kekayaan wastra nusantara, terlebih produk fesyen yang dihadirkan memiliki ragam warna dan model yang menarik.

Ia juga mengaku tertarik pada beberapa kain seperti songket asal Palembang, ulos khas Sumut hingga tenun asal Sumba, NTT.

Diketahui, istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin sekaligus Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma’ruf Amin meresmikan pameran Kriyanusa 2024 siang ini.

Wury mengatakan tema pameran "Perajin Muda, Lestarikan Warisan Budaya” mencerminkan komitmen untuk meneruskan tradisi dan warisan leluhur kepada generasi muda.

"Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya dan tradisi. Seni kerajinan berbagai daerah yang diwariskan tidak hanya mencerminkan keindahan dan keterampilan, tetapi juga nilai-nilai identitas bangsa," katanya.

Wury mengatakan, Kriyanusa menjadi panggung bagi para perajin muda Indonesia untuk mempersembahkan karya-karya yang menghidupkan kembali kekayaan budaya Nusantara.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024