Hamilton, Kanada (ANTARA) - Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada Selasa menyoroti resiko serius yang dihadapi staf PBB dan pekerja kemanusiaan di Gaza, dan menegaskan komitmen untuk melanjutkan pekerjaan yang menyelamatkan nyawa.

"PBB bertekad untuk tetap berada di Gaza guna memberikan bantuan yang menyelamatkan nyawa bagi dan bersama warga sipil Palestina," kata Gilles Michaud, Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Keselamatan dan Keamanan, dalam sebuah pernyataan.

Michaud menekankan risiko berat yang saat ini dihadapi staf PBB dan pekerja bantuan di Gaza. "Para pekerja kemanusiaan menjadi sasaran sepanjang krisis ini, yang sejauh ini menjadi yang paling mematikan dalam sejarah PBB." 

Dia menyampaikan keprihatinannya atas perintah evakuasi massal baru-baru ini oleh Israel, termasuk insiden akhir pekan di mana tentara Israel hanya memberikan beberapa jam pemberitahuan bagi lebih dari 200 personel PBB untuk mengungsi dari kantor dan tempat tinggal mereka di Deir Al Balah, yang merupakan pusat kemanusiaan penting. 

"Sama seperti kebanyakan warga Palestina di Gaza, kami kehabisan tempat aman bagi staf kami sendiri," tambahnya.

Michaud mengatakan bahwa kendala keamanan akibat konflik sangat menghambat kemampuan PBB untuk memberikan bantuan, terutama dengan kampanye vaksinasi polio penting yang akan dimulai minggu depan.

Dia mencatat bahwa "tindakan tentara Israel akhir pekan ini memperparah ancaman keamanan yang ada dan sangat mempengaruhi kecepatan kami dalam menyampaikan bantuan dengan aman," serta menegaskan bahwa "kendala ini berada di luar kendali kami."

Ia meminta semua pihak yang terlibat dalam konflik untuk mematuhi hukum humaniter internasional dan menghormati komitmen mereka berdasarkan Piagam PBB untuk melindungi keselamatan dan keamanan personel dan fasilitas PBB.

"Para wanita dan pria yang mempertaruhkan nyawa mereka untuk memberikan bantuan kemanusiaan membutuhkan tempat yang aman dan konsisten untuk bekerja," kata Michaud, menekankan perlunya semua pihak untuk menghormati hukum yang melindungi operasi kemanusiaan di zona konflik.

Sumber: Anadolu-OANA

Baca juga: PBB kehabisan tempat aman untuk vaksinasi polio di Gaza
Baca juga: PBB serukan jeda kemanusiaan untuk beri vaksin polio ke 640.000 anak
Baca juga: PBB: akses kemanusiaan ke Gaza terhambat oleh koordinasi dengan Israel

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024