Jakarta (ANTARA) - Peraih medali emas angkat besi Olimpiade Paris 2024 Rizki Juniansyah memastikan dirinya bakal belaga di PON Aceh-Sumut 2024 pada kelas 89 kilogram.

"Nanti (di PON) saya akan turun pada kelas 89," ujar Rizki Juniansyah kepada awak media dalam acara "Meet & Greet Team Visa Athlete Rizki Juniansyah" di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, sebelumnya ia ditugaskan untuk berlaga di PON pada kelas +81 sesuai dengan kelas yang diikuti pada pra-PON.

Namun, lanjut dia, kelas +81 itu akan dimainkan Triyatno yang merupakan kakak ipar dari Rizki sehingga keduanya saling bertukar kelas bertanding.

"Kenapa begitu? Karena mencari peluang yang lebih besar. Mas Triyatno berpeluang mendapatkan medali emas di kelas +81 dan kalau saya sih bebas mau di kelas manapun," ujarnya.

Baca juga: Setelah Olimpiade, Rizki Juniansyah bersiap hadapi PON 2024

Ia mengatakan pada kelas 89 kg yang akan diikuti juga terdapat lawan berat yang akan dihadapi yaitu atlet tuan rumah.

Oleh sebab itu, atlet angkat besi (lifter) berusia 21 tahun itu mengaku, telah menjalani latihan yang intensif untuk berlaga pada pesta olahraga nasional empat tahunan itu.

Rizki mengatakan, meskipun ia baru saja meraih medali emas pada ajang kompetisi olahraga tertinggi dunia di Paris, namun ia tetap menganggap PON merupakan ajang yang paling bergengsi untuk olahraga nasional.

"PON ini adalah kejuaraan nasional yang harus dihargai dan saya akan membawa nama Banten sehingga harus tampil maksimal mengingat lawan-lawan juga cukup diperhitungkan," ujarnya.
Lifter putra Banten Rizki Juniansyah mengikuti pemusatan latihan daerah (Pelatda) di Sasana Bulldog Gym, Kota Serang, Banten, Rabu (21/8/2024). ANTARA FOTO/Angga Budhiyanto
Baca juga: Rizki Juniansyah targetkan raih medali emas untuk Banten di PON

Rizki menambahkan, ia bersama tim sudah bersiap untuk berangkat ke ajang PON pada Kamis (29/8).

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat mengemukakan bahwa PON Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung pada 8-20 September mendatang merupakan PON yang terbesar (dibandingkan PON-PON sebelumnya) karena pertama kali diikuti kontingen terbanyak yakni 39 provinsi termasuk Ibu Kota Nusantara.

Jumlah nomor pertandingan yang akan dimainkan dalam pesta olahraga nasional itu sebanyak 1.042 nomor.

Para atlet akan bertanding di 65 cabang olahraga yang tersebar di Aceh sebanyak 33 cabang olahraga dengan 42 disiplin yang melibatkan 6.287 atlet dan 3.158 ofisial. Sedangkan di Sumatera Utara mempertandingkan 34 cabang olahraga dengan 46 disiplin yang melibatkan 6.618 atlet dan 3.320 ofisial.

Baca juga: Manajer PON Banten: Rizki Juniansyah latihan dengan porsi tak biasa
Baca juga: Hercules dari Serang Rizki Juniansyah bentuk mental jawara Olimpiade
 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024