"Kami telah menerima pendaftaran pasangan Rusdy Mastura dan Sulaiman Agusto,"
Palu (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi menerima pendaftaran pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur, Rusdy Mastura dan Sulaiman Agusto untuk Pilkada serentek, 27 November 2024.

Pendaftaran itu ditandai dengan penandatanganan berita cara penerimaan oleh komisioner KPU Sulteng, diawali oleh Ketua KPU Sulteng Risvirenol dan diikuti empat komisioner lainnya di aula Kantor KPU Sulteng, Kota Palu, Rabu.

Pasangan Rusdy-Sulaiman dengan tagline "Sangganipa" mendaftar dengan mencantumkan empat parpol pengusung, yakni PDI Perjuangan dengan perolehan 175.954 suara sah, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dengan perolehan 80.956 suara sah, Partai Buruh 9.142 suara sah dan Partai Ummat 5.037 suara sah.

Total perolehan suara sah koalisi pengusung Rusdy-Sulaiman sebanyak 272.089 suara sah hasil Pemilu Anggota DPRD Provinsi Sulteng 2024.

Pendaftaran itu, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2024 tentang Perubahan Atas PKPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang Pencalonan Kepala Daerah pada Pilkada Serentak 2024. Ambang batas pendaftaran berdasarkan PKPU itu yakni 8,5 persen dari perolehan suara sah di DPRD sebanyak 1.723.086 pemilih. Hasilnya, perolehan suara sah untuk pendaftaran sebanyak 146.463 suara.

"Kami telah menerima pendaftaran pasangan Rusdy Mastura dan Sulaiman Agusto," kata Ketua KPU Sulteng Risvirenol.

Baca juga: Gerindra rekomendasi tujuh bakal calon kepala daerah di Sulteng
Baca juga: PKB dukung Ahmad Ali dan Abdul Karim Aljufri di Pilkada Sulteng
Baca juga: Demokrat usung Anwar Hafid-Reny Lamadjido pada Pilkada Sulteng


Dia menjelaskan KPU telah menyatakan lengkap dan telah diterima untuk berkas pendaftaran tersebut. Lanjut dia, seluruh proses berjalan lancar dan baik.

Sebelumnya, KPU mencatat tiga bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sudah membuka akses Sistem Informasi Pencalonan (Silon) untuk pendaftaran bakal calon kepala daerah pada Pilkada 2024.

"Sudah ada tiga pasang yang mengonfirmasi kehadiran mereka untuk mendaftar," kata anggota KPU Sulteng Nisbah di Kota Palu, Selasa.

Dia menjelaskan tiga bakal pasangan calon itu adalah Rusdy Mastura dan Sulaiman Agusto. Mereka dijadwalkan mendaftar pada Rabu, 28 Agustus 2024, pukul 11.00 WITA.

Berikutnya, pasangan Anwar Hafid-Reny Lamajido yang akan mendaftar pada Kamis, 29 Agustus 2024, pukul 09.00 WITA. Pada hari yang sama, pasangan Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri juga mendaftar ke KPU.

Pewarta: Fauzi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024