Jakarta (ANTARA) - Indonesia Brand Commnity (IBC) bekerjasama dengan Infobrand.Id membagikan kiat untuk mengembangkan merek (brand) lokal agar mampu bersaing dengan merek terkemuka dari luar sehingga pada akhirnya bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Banyak aspek untuk memperkuat merek lokal mulai dari meyakinkan pasar bahwasanya produk lokal memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek luar," kata Ketua IBC Tri Raharjo di Jakarta, Rabu.

Tentunya, menurut dia, untuk memberikan keyakinan pasar maka pemilik merek lokal harus membangun produknya terlebih dahulu
agar lebih berkualitas.

Merek lokal yang kuat tidak hanya berkontribusi pada perekonomian Indonesia, tetapi juga membuat pengalaman konsumen dengan produk dan layanan yang unik dan menarik.

Baca juga: Semakin beragam, wewangian merek lokal kian diminati

Terkait hal itu, IBC dan Infobrand.Id menyiapkan Program Pengembangan Brand Indonesia (PPBI) untuk meningkatkan citra dan
daya saing merek lokal Indonesia.

"Program ini ditujukan khusus untuk pelaku brand lokal Indonesia, dengan fokus utama pada peningkatan citra dan daya saing
di pasar Indonesia," kata Tri.

Dia berharap dengan kehadiran PPBI, merek lokal Indonesia dapat tumbuh dan berkembang, di pasar dalam negeri. Pasalnya pada program terdapat beragam kegiatan untuk menjadikan merek Indonesia menjadi unggul.

“Seperti webinar, pelatihan, temu bisnis (business matching), penghargaan dan konferensi merek yang dirancang untuk
memperkuat pengetahuan dan kemampuan pemilik brand lokal,” ujarnya lagi.

Selain webinar dan sesi pelatihan intensif yang mencakup manajemen produk, merek dan pelanggan. Ada pula kegiatan Indonesia Business Opportunity Online Show (IBOS), yang merupakan platform untuk mempertemukan merek Indonesia dengan calon mitra.

Baca juga: Pebisnis ungkap pemula harus punya kata kunci sebagai identitas merek

Kegiatan temu bisnis ini untuk memperluas jaringan dan peluang pasar merek-merek lokal di Indonesia.

Selain itu, program ini juga diisi dengan konferensi yang membahas tren terbaru dan menghadirkan merek-merek sukses sebagai pembicara. Kemudian ada penghargaan bagi merek-merek Indonesia yang berhasil dalam membangun popularitas, keterpilihan dan kepuasan pelanggan.

PPBI sebagai langkah awal menyiapkan webinar untuk mendorong brand lokal agar naik kelas bertajuk "Scale Up Your Business".

Ada lima upaya untuk mendorong pemilik merek lokal kecil bisa menjadi besar meliputi kemitraan, membuat model bisnis, membangun merek, memasarkan peluang bisnis dan menyusun perjanjian kemitraan.

Tri berharap melalui PPBI ini Brand Indonesia akan meningkat citranya melalui publikasi di berbagai media nasional dan tentunya di tahun-tahun mendatang diharapkan PPBI akan menjadi pilar penting dalam pengembangan
merek lokal.

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024