Jayapura (ANTARA) -
Penjabat Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk mengingatkan semua pasangan calon agar menciptakan persaingan sehat pada pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di daerahnya.
 
"Ini pesta demokrasi sehingga saya harap jangan ada lagi pertumpahan darah, apalagi calon-calon yang maju merupakan putra-putra terbaik Papua Tengah," katanya di Jayapura, Rabu.
 
Menurut Ribka,  pelaksanaan pilkada baru pertama kali dilakukan sehingga para paslon harus memberikan contoh bagaimana bersaing secara sehat.
 
"Semua harus dukung siapapun yang hatinya membangun untuk tanah Papua," ujar.
 
Dia juga mengimbau kepada masyarakat agar ikut berperan menjaga kedamaian serta tidak terpancing dengan adanya berita bohong yang dapat memicu konflik pada pilkada.
 
"Menjelang pelaksanaan pilkada, semua harus tenang dan menjaga kedamaian agar tidak ada lagi pertumpahan darah pada pesta demokrasi tersebut," katanya.
 
Dia juga minta kepada pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) terus tetap menjaga netralitas dengan menggunakan hak pilihnya.
 
"Saya tegaskan kembali, ASN, TNI/Polri harus betul-betul menjadi wasit, karena ini adalah dasar yang penting untuk memastikan pemilu yang adil, transparan, dan bermartabat," ujarnya.
 
Menurut Ribka, netralitas ASN merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga integritas dan profesionalisme ASN dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.
 
"ASN harus tetap netral dan tidak terlibat dalam kegiatan politik yang bertentangan dengan perannya sebagai pelayan masyarakat," katanya lagi.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024