Jakarta (ANTARA) - Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) Jakarta Ridwan Kamil-Suswono tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Rabu siang, untuk mendaftar Pilkada 2024.
 
RK-Suswono menjadi pasangan bacagub dan bacawagub kedua yang mendaftar di KPU DKI Jakarta setelah Pramono Anung-Rano Karno. Mereka mengawali perjalanannya dari salah satu hotel di kawasan Salemba, Jakarta Pusat, bersama massa partai pendukung dan masyarakat.
 
Keduanya bersama rombongan tiba di Kantor KPU DKI pukul 13.55 WIB diiringi pendukung, bendera, dan ondel-ondel serta beraneka ragam parade kostum dan tarian. Selain itu, tanjidor dan barongsai turut mengiringi kedatangan RK-Suswono.
 
Pasangan bakal cagub-cawagub Jakarta ini kompak memakai baju khas Betawi yakni peci hitam, koko lengan panjang berwarna putih, celana batik coklat, sandal, dan sarung berwarna oranye yang diselempangkan di leher.

Baca juga: RK-Suswono bersama pendukungnya berjalan menuju KPU DKI
 
Setibanya di KPU DKI, keduanya langsung menyapa tim sukses dan masyarakat sekitar yang turut menyaksikan kehadirannya. Pasangan RK-Suswono tiba didampingi perwakilan dari partai politik pengusung dan pendukung. Ada pula perwakilan dari komunitas Betawi yang ikut mengantar.
 
"Mari dukung Ridwan Kamil-Suswono, maju terus pantang mundur," kata pendukung saat RK-Suswono tiba di KPU DKI Jakarta.
 
Pasangan RK-Suswono maju Pilkada DKI Jakarta dengan dukungan koalisi gemuk dari sejumlah partai politik, yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, PSI, PKB, NasDem, PPP, dan Perindro. Pasangan itu juga menerima dukungan parpol nonparlemen, yakni Partai Gelora, Partai Garuda, Partai Bulan Bintang, PRIMA, dan Partai Kebangkitan Nusantara.

Baca juga: Spanduk RK-Suswono mulai terpasang di Jalan Salemba Raya depan KPU DKI
 
Arus lalu lintas di sekitar kantor KPU DKI dijaga oleh pihak kepolisian, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan DKI untuk memastikan kawasan aman dan steril selama pelaksanaan acara.
 
Pihak kepolisian fokus menjaga pintu masuk dan luar gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta selama pendaftaran Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI.
 
"Penjagaan kami fokuskan di gerbang masuk KPU DKI, area luar, dan dalam KPU DKI selama pendaftaran Pilkada 2024 ini," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro saat dihubungi di Jakarta, Selasa.
 
Personel gabungan tersebut terdiri atas Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI, dan instansi terkait.

Baca juga: KPU DKI batasi pasangan Bacagub-Bacawagub bawa 200 pendukung
 
Penjagaan paling banyak di pintu luar gerbang KPU DKI sebanyak 211 personel, pintu masuk depan KPU DKI 61 personel, area gedung KPU DKI 41 personel, dan sisanya di sekitar parkir KPU DKI dan jalan sekitar gedung.
 
Adapun pelaksanaan pendaftaran Pilkada DKI ini sesuai Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.
 
Pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI selama dua hari pertama 27-28 Agustus berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sedangkan pada 29 Agustus dilaksanakan pukul 08.00 hingga 23.59 WIB.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024