Jakarta (ANTARA) - Istri Wakil Presiden Ma’ruf Amin sekaligus Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma’ruf Amin meresmikan pameran Kriyanusa 2024 yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu.

Wury mengatakan tema pameran "Perajin Muda, Lestarikan Warisan Budaya” mencerminkan komitmen untuk meneruskan tradisi dan warisan leluhur kepada generasi muda.

"Indonesia adalah negeri yang kaya akan budaya dan tradisi. Seni kerajinan berbagai daerah yang diwariskan tidak hanya mencerminkan keindahan dan keterampilan, tetapi juga nilai-nilai identitas bangsa," katanya.

Wury mengatakan Kriyanusa menjadi panggung bagi para perajin muda Indonesia untuk mempersembahkan karya-karya yang menghidupkan kembali kekayaan budaya Nusantara.

Baca juga: Regenerasi Wastra Indonesia, Kriyanusa 2024 Hadirkan Karya Perajin Muda

Baca juga: Kolaborasi Perajin dan Perancang Busana Jadikan Kriyanusa 2024 Lebih Berwarna


Terdapat 420 stan kriya, di mana sekitar 30 persennya merupakan perajin muda, serta 24 stan kuliner di Pameran Kriyanusa 2024 yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) , 28 Agustus - 1September 2024..

Sebagai pameran kerajinan berskala nasional, Kriyanusa 2024 menjadi wadah yang tidak hanya untuk memberdayakan dan melestarikan, tetapi juga mengembangkan hasil karya para perajin berbakat di Indonesia.

Pameran ini memberikan peluang bagi produk-produk industri kreatif Indonesia untuk bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Ia menilai, semakin banyak perajin muda yang terinspirasi untuk menggali, memahami, dan memanfaatkan kerajinan tradisional.

"Mereka adalah pionir yang akan membawa budaya Indonesia ke panggung dunia dengan cara-cara yang baru dan inovatif," ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, generasi muda menjadi harapan bangsa untuk memastikan bahwa kekayaan budaya tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang seiring perkembangan zaman.

Dekranas sebagai organisasi yang memayungi perajin Indonesia selalu berupaya memberikan dukungan dan ruang bagi para perajin, khususnya generasi muda untuk berkarya dan berinovasi.

Melalui pameran tersebut, ia berharap dapat memberikan wadah bagi para perajin muda untuk menampilkan karya-karya, saling belajar, serta menjalin hubungan yang saling menguntungkan.

Selain itu, ia menekankan tentang tanggung jawab untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pameran.

Menurut dia, Pameran Kriyanusa menjadi salah satu ajang yang dinantikan setiap tahun oleh para perajin dan masyarakat luas.

Untuk itu Wury menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Dekranas Pusat dan Daerah atas dedikasi serta pembinaan sehingga memberikan dampak positif kepada perajin di seluruh Indonesia.

"Penting bagi kita untuk memastikan bahwa setiap edisi pameran ini membawa dampak yang lebih besar, mendorong peningkatan kualitas produk, dan memperluas pasar," katanya.

Baca juga: KriyaNusa 2024 manfaatkan sosial media untuk promosi

Baca juga: KriyaNusa 2024 hadir sebagai wadah edukasi kerajinan

Baca juga: Dekranasda Kaltim matangkan persiapan ikuti Kriyanusa 2024

 

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024