Dalam pelaksanaan rehabilitasi mangrove di Deli Serdang, harus dilakukan secara bersinergi dengan stakeholder untuk melindungi ekosistem mangrove
Medan (ANTARA) - Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi untuk mempercepat rehabilitasi mangrove di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

"Dalam pelaksanaan rehabilitasi mangrove di Deli Serdang, harus dilakukan secara bersinergi dengan stakeholder untuk melindungi ekosistem mangrove," ujar Plh Deputi Bidang Edukasi dan Sosialisasi, Partisipasi Kemitraan BRGM Suwignya Utama di Deli Serdang, Rabu.

Suwignya melanjutkan, sejak 2021 hingga sekarang, pihaknya berhasil melakukan rehabilitasi dan pemeliharaan mangrove seluas 816 hektare di kabupaten ini.

BRGM optimistis menjalankan program rehabilitasi mangrove dengan menggunakan skema pendanaan luar negeri bank dunia, melalui program "mangrove fo coastal resilience" (M4CR).

"Dilaksanakan di empat provinsi prioritas yakni Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara dengan target seluas 75 ribu hektare pada 2027," kata Suwignya.

Ia menyebut secara keseluruhan target M4CR di Sumut seluas 6.078 hektare yang tersebar di 12 kabupaten, 34 kecamatan dan di 93 desa. Program rehabilitasi mangrove tidak terbatas pada pemulihan ekosistem melalui penanaman.

"Namun, melakukan pendekatan edukasi dan sosialisasi berupa sekolah lapang, pelatihan ekonomi dan hibah usaha masyarakat di 93 desa tersebut," tutur Suwignya.

Pemulihan ekosistem mangrove berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengurangi dampak perubahan iklim.

"Kami menggunakan strategi 3M yakni memulihkan, meningkatkan dan mempertahankan dalam rehabilitasi mangrove," kata dia.

Sekretaris Daerah Kabupaten Deli Serdang Citra Effendi Capah mengatakan pihaknya mendukung pelaksanaan sosialisasi rehabilitasi mangrove yang diselenggarakan oleh BRGM.

"Kehadiran BRGM merupakan bentuk dukungan nyata, terhadap upaya dalam perbaikan ekosistem mangrove, dengan adanya dukungan teknis ini, kami optimistis dalam mencapai target rehabilitasi mangrove yang telah ditetapkan," kata dia.

Baca juga: BRGM jadikan partisipasi masyarakat program utama pemulihan gambut
Baca juga: BRGM fasilitasi budi daya pertanian lahan tanpa bakar di Rokan Hilir
Baca juga: BRGM ingatkan pentingnya pengawasan lahan gambut dalam areal korporasi

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024