Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menerapkan gaya hidup ramah lingkungan di kawasan Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia yang dibangun pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).
 
"Ibu kota baru Indonesia harus diwujudkan sebagai kawasan hunian yang nyaman bagi semua," ujar Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam OIKN, Myrna Asnawati Safitri di Penajam, Rabu.

Baca juga: OIKN ungkap 60 persen sampah di IKN harus bisa didaur ulang
 
Kota Nusantara menerapkan pengelolaan sampah berkelanjutan, sampah yang dihasilkan dikelola di tempat pengelolaan sampah terpadu yang dijalankan dengan prinsip ekonomi sirkular
 
Dengan demikian, katanya, selain mendatangkan manfaat ekonomi untuk masyarakat, juga sejalan dengan target pencapaian bebas sampah (zero waste) di ibu kota baru Indonesia.
 
Prinsip ekonomi sirkular merupakan konsep memaksimalkan nilai penggunaan suatu produk dan komponennya secara berulang, sehingga tidak ada sumber daya yang terbuang.
 
Sebelum sampah atau limbah terbentuk sudah diminimalisasi agar jangan sampai sampah atau limbah tersebut terbentuk. OIKN lebih bijaksana dalam pencegahan, sehingga sampah yang terbentuk tidak akan banyak di ibu kota baru Indonesia. "Kota Nusantara minim sampah dengan menerapkan perilaku bijak dalam berbelanja untuk minimalisasi sisa produk," ujarnya.
 
Minim sampah melalui induksi pengelolaan sampah Kota Nusantara, lanjut dia, yakni tidak menggunakan botol minuman dan wadah makanan sekali pakai. Kemudian, tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai dan tidak menyisakan makanan agar tidak menjadi sampah.

Baca juga: Menteri PUPR targetkan IPAL dan TPST di IKN beroperasi Agustus 2024

Baca juga: OIKN: Pengolahan sampah jadi energi diterapkan di wilayah industri IKN
 
"Tempat sampah yang tersedia sudah dibagi tiga wadah, jadi buang sampah sesuai jenis, yakni sampah organik, sampah dapat didaur ulang dan sampah lainnya," katanya.
 
Sistem pengelolaan sampah dan limbah di Kota Nusantara bekerja sama dengan institusi dan dinas teknis terkait, dan dibutuhkan kolaborasi warga yang tinggal di ibu kota baru Indonesia, kata Myrna Asnawati Safitri.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024