Bandarlampung (ANTARA) - Pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Bandarlampung, Eva Dwiana-Deddy Amarullah melakukan pendaftaran ke KPU Kota Bandarlampung, Rabu, untuk mengikuti Pilkada 2024.

Pantauan di depan kantor KPU Bandarlampung, di Jalan Pulau Sebesi, terlihat ratusan orang pendukung pasangan petahana itu telah berkumpul di pinggir jalan.

Eva-Deddy datang ke KPU Bandarlampung pukul 10.00 WIB didampingi partai politik pendukungnya. Kedatangannya disambut langsung oleh pertunjukan Barongsai, seni budaya Paku Banten, seni Tambur Minangkabau, musik angklung dan rebana.

Eva Dwiana dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya didukung oleh sembilan parpol di parlemen.

"Saya dan Pak Deddy Amarullah diusung sembilan partai politik, semoga pendaftaran kami berdua berjalan lancar," kata dia.

Kemudian semua dokumen persyaratan pencalonan dan calon tidak ada kendala sehingga dapat berjalan baik tanpa ada hambatan.

"Kami datang ke KPU Bandarlampung beserta partai pendukung untuk mendaftarkan Eva-Deddy sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Bandarlampung," kata dia.

Ketua KPU Bandarlampung Deddy Triyadi mengatakan bahwa sejak pembukaan pendaftaran calon wali kota dan wakil wali kota pada Selasa (27/8) hingga hari kedua, baru ada satu bakal calon yang mendaftar ke KPU.

"Kami ucapkan terimakasih kepada pasangan calon. Ini adalah hari kedua tahapan pendaftaran dan baru Eva-Deddy yang mendaftar. Kami masih tunggu apakah besok masih ada yang mendaftar atau tidak," kata dia.

Pasangan Eva-Deddy telah resmi didukung oleh tujuh partai politik pemilik kursi di parlemen yakni Gerindra, Golkar, PAN, PKB, PKS, NasDem, dan Demokrat dan dua partai non parlemen PSI dan PPP.

Eva Dwiana, atau yang lebih dikenal sebagai Bunda Eva adalah politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang menjabat Wali Kota Bandar Lampung periode 2021–2024.

Eva merupakan istri dari Wali Kota Bandarlampung periode 2010–2015 dan 2016–2021 Herman HN.

 Sebelumnya, Eva juga menjadi  anggota DPRD Provinsi Lampung periode 2014–2019 dan 2019–2024.

Deddy Amarullah merupakan Wakil Wali Kota Bandarlampung periode 2021-2024. Yang bersangkutan adalah pasangan dari Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana.

Sebelum terjun ke dunia politik, Deddy Amarullah merupakan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan jabatan terakhir Asisten 1 Bidang Pemerintah.

Pria kelahiran 15 Januari 1957 Tanjungkarang tersebut merupakan kader Gerindra pada 2024. Sebelumnya Deddy adalah politikus Partai NasDem.
 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024