Jakarta (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangkaian peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2024, menyoroti peran generasi muda dalam upaya konservasi alam, tidak hanya mencakup kelestarian ekosistem, tapi juga pembangunan berkelanjutan.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) LKHK, Satyawan Pudyatmoko menyampaikan harapannya yang tertuang dalam tema HKAN tahun ini, yaitu Aktualisasi Konservasi Alam pada Generasi Muda serta lewat slogan "Youth for Sustainable Nature".

Baca juga: Jelang HKAN, KLHK sebut kualitas pemuda tentukan masa depan konservasi

"Kawasan konservasi itu tidak hanya memperhatikan kelestarian flora, fauna, keanekaragaman hayati yang menjadi tujuan, tetapi dampak terhadap aspek-aspek pembangunan daerah, kesejahteraan masyarakat, edukasi, generasi muda, sehingga terbentuk sikap, mental, dan budaya menyayangi alam semakin terpelihara dengan baik," ujar Satyawan saat membuka Pameran Konservasi bagian rangkaian HKAN 2024 di Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (27/8).

Satyawan menyebut generasi muda memiliki peran penting dalam menjaga sumber daya alam hayati beserta ekosistemnya. Sehingga, perlu disediakan platform yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Dengan begitu, lanjutnya, diharapkan mereka dapat menjadi agen-agen konservasi yang akan meneruskan upaya konservasi sumber daya alam dan ekosistemnya di masa depan.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Boyolali M Said Hidayat menyebut penyelenggaraan Puncak Peringatan HKAN 2024 di Boyolali merupakan wujud langkah kebersamaan serta komitmen menjaga lingkungan untuk generasi masa depan Indonesia.

Baca juga: KLHK: Jadikan konservasi sebagai gaya hidup anak muda

Baca juga: Peringati HKAN, KLHK pupuk kecintaan publik pada alam dan budaya nusantara


"Mari kita jaga kelestarian alam, kita hijaukan negeri kita dengan tanaman yang terus kita jaga agar generasi ke depan mampu juga merasakan dan menjaga alam dan lingkungan kita yang lestari," katanya.

HKAN diperingati setiap tahun pada 10 Agustus. Tujuan HKAN adalah menjaga kesinambungan kegiatan konservasi alam, memasyarakatkan dan menjadikan konservasi alam sebagai bagian dari sikap hidup dan budaya bangsa.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024