Dubai, Uni Emirat Arab, (ANTARA/PRNewswire)- Bybit, bursa kripto terbesar kedua di dunia berdasarkan volume trading, berkolaborasi dengan BlockScholes, meluncurkan Crypto Derivatives Analytics Report edisi kedua. Laporan minggu ini mengulas dampak pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) mendatang terhadap pasar derivatif kripto. Laporan ini membahas bagaimana peristiwa besar ini mendorong sentimen pasar, memengaruhi volatilitas, serta menentukan pola trading instrumen derivatif Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH).

Sejumlah Poin Penting:

1. Pasar Instrumen Berjangka (Futures) Berjalan Lesu di tengah Volatilitas Rendah

Laporan ini mencatat penurunan signifikan aktivitas trading di pasar instrumen berjangka BTC dan ETH akibat volatilitas rendah harga spot. Volume trading BTC dan ETH juga berjalan lesu mengingat minat investor masih berada di bawah level puncak terakhir setelah aksi jual (sell-off) para trader. Di sisi lain, laporan ini menyajikan pola yang terjadi setiap minggu ketika volume trading lebih rendah pada hari Minggu. Pola tersebut hanya dipengaruhi volatilitas pasar yang bersifat ekstrem. Dengan demikian, pola tersebut mencerminkan pola trading musiman.

2. Pasar Options Mencerminkan Tren Positif pada Masa Pemilu

Meski sentimen bearish atas ETH dibandingkan BTC, terlihat dari funding rate yang bersifat negatif dan kecenderungan kuat terhadap out-of-the-money (OTM) yang menimbulkan tren short-dated expiration, laporan ini membahas perubahan menarik di pasar options. Sentimen positif terjadi dalam konteks pemilihan presiden AS pada 5 November 2024. Hal ini sangat terlihat dari tren kuat terhadap OTM call untuk options BTC dan ETH setelah pilpres, menunjukkan sentimen bullish sebab trader bersiap menghadapi momen pergerakan harga pasar yang potensial.

3. Volatilitas Term Structures Mencerminkan Risiko yang Meningkat

Volatilitas term structures berubah menjadi tajam dengan volatilitas jangka pendek yang berkurang drastis, serta penurunan volatilitas yang direalisasikan. Namun, laporan ini menunjukkan tenor berdurasi panjang tetap meningkat, mencerminkan pasar yang mulai mempertimbangkan risiko pilpres. Menariknya, election premium tetap menonjol, sebab peristiwa serupa tidak muncul dalam Jackson Hole Symposium pada akhir Agustus atau rapat FOMC pada September nanti.

Unduh Laporan Selengkapnya

Analisis komprehensif dan ulasan mendalam tersedia pada laporan selengkapnya lewat tautan di sini.

#Bybit / #TheCryptoArk

Tentang Bybit

Bybit adalah bursa mata uang kripto terbesar kedua berdasarkan volume trading yang melayani lebih dari 40 juta pengguna. Berdiri pada 2018, Bybit menawarkan platform profesional agar investor dan trader kripto memperoleh matching engine yang sangat cepat, layanan pelanggan yang tersedia selama 24/7, serta dukungan komunitas dalam berbagai bahasa. Bybit merupakan sponsor tim Juara Konstruktor dan Pembalap Formula Satu: Oracle Red Bull Racing. 

Informasi lebih lanjut tentang Bybit tersedia di Bybit Press.
Narahubung Media: media@bybit.com
Informasi lebih lanjut: https://www.bybit.com


SOURCE Bybit

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024