Ini saya kira akan menjadi contoh bagaimana manajemen sebuah rumah sakit yang dikendalikan yang semuanya digital. Kalau kita masuk, juga tidak seperti rumah sakit, seperti masuk hotel bintang lima
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Rumah Sakit (RS) Sardjito Yogyakarta di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta di Kabupaten Sleman, Provinsi DIY," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya saat peresmian gedung tersebut yang dipantau dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi mengungkapkan jumlah kematian ibu di Indonesia berada pada ranking kesembilan dari 10 negara di ASEAN. Sementara, kematian anak berada di ranking ketujuh dari 10 negara di ASEAN.

Untuk itu Kepala Negara mengapresiasi pembangunan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Sardjito Yogyakarta yang menghabiskan anggaran sebesar Rp267 miliar.

Baca juga: Presiden Jokowi bertolak ke Yogyakarta resmikan RS hingga pasar

"Gedung Kesehatan Ibu dan Anak dari Rumah Sakit Sardjito ini delapan lantai, menghabiskan anggaran Rp267 miliar gedungnya dan peralatannya Rp240 miliar plus untuk persiapan SDM Rp50 miliar," ungkap Presiden.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi peralatan kesehatan yang disediakan di gedung tersebut yang dinilainya sangat modern.

"Tadi saya masuk melihat peralatan semuanya sangat modern digital dan sangat modern. Ini saya kira akan menjadi contoh bagaimana manajemen sebuah rumah sakit yang dikendalikan yang semuanya digital. Kalau kita masuk, juga tidak seperti rumah sakit, seperti masuk hotel bintang lima. Bapak ibu tidak percaya, nanti silakan masuk melihat sendiri, saya kaget," ujar Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, nantinya total akan ada 12 RS di seluruh Tanah Air yang akan diresmikan dengan standar seperti Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Sardjito Yogyakarta tersebut.

Baca juga: POGI minta pemerintah sediakan RS khusus rujukan ibu hamil dan anak

"Sehingga ada 12 nanti rumah sakit di seluruh Tanah Air yang segera kita resmikan dengan standar seperti rumah sakit yang tadi baru saya ceritakan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak dari Rumah Sakit Sardjito," tutur Presiden Jokowi.

Presiden pun mengharapkan dengan diresmikannya Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak RS Sardjito Yogyakarta nantinya pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak semakin baik.

"Sehingga kematian ibu dan anak bisa kita kurangi, kita minimalisir sekecil mungkin," ucap Presiden Jokowi.

Peresmian Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak RS Sardjito Yogyakarta ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi.

Baca juga: Kemenkes perkuat layanan kesehatan ibu-anak di 6 RS vertikal

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024