Apa pun profesi kalian, pasti diajar dengan value (nilai) yang baik. Integritas itu tidak usah muluk-muluk. Jangan menyontek, tepati janji, itu integritas. Pegang terus prinsip yang baik karena itu adalah currency (kurs) kalian yang tidak bisa diperj
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan (Menkeu ) Sri Mulyani Indrawati menekankan, integritas merupakan kurs bagi pelaku ekonomi ketika menyambangi almamaternya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI).

“Apa pun profesi kalian, pasti diajar dengan value (nilai) yang baik. Integritas itu tidak usah muluk-muluk. Jangan menyontek, tepati janji, itu integritas. Pegang terus prinsip yang baik karena itu adalah currency (kurs) kalian yang tidak bisa diperjualbelikan,” kata Sri Mulyani dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Dalam kunjungannya itu, Menkeu menjelaskan kepada mahasiswa FEB UI bahwa ekonomi merupakan ilmu mengelola rumah tangga (household) yang memiliki banyak kebutuhan.

Pada dasarnya, setiap rumah tangga harus mengambil keputusan dalam memenuhi kebutuhan dengan mempertimbangkan pendapatan yang ada, sumber daya yang dimiliki, hingga biaya yang dikeluarkan.

Sama halnya dengan mengelola keuangan negara. Dia menyebutkan negara maju mungkin memiliki rumah tangga yang relatif kaya, namun harus tetap membuat keputusan mengenai pengelolaan sumber-sumber yang dimiliki. Serupa, negara miskin pun juga perlu membuat keputusan itu, namun dengan sumber daya yang lebih terbatas sehingga pertimbangannya jauh lebih kompleks.

“Jadi, ilmu ekonomi adalah ilmu mengelola rumah tangga. Itu benar-benar soal mengambil keputusan,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Sri Mulyani menekankan pentingnya membangun karakter, sehingga sumber daya manusia (SDM) yang dibentuk FEB UI mampu menjaga integritas sebagai profesional.

“Kalian itu mendapat privilese dan kalian terpilih (menjadi mahasiswa FEB UI), sehingga saya harapkan kalian bisa mulai hari pertama kuliah menyemaikan bibit tidak hanya kebanggaan, tetapi juga tanggung jawab,” tutur Menkeu.

Senada, Plh. Dekan FEB UI Arief Wibisono Lubis menyatakan pembelajaran ekonomi dan bisnis di FEB UI dibarengi dengan pembentukan karakter yang beretika untuk menciptakan SDM yang memiliki integritas tinggi.

"Terkait pembangunan karakter, di mana ditegaskan bahwa teman-teman harus menjaga integritas," kata Arief.

FEB UI menerima mahasiswa baru S1 berjumlah 950 orang pada 2024. Sedangkan total mahasiswa baru tahun ini baik S1, S2 dan program doktoral berjumlah sekitar 1.600 orang.

Baca juga: Sri Mulyani masih koordinasi soal PPN 12 persen dengan Prabowo
Baca juga: Menkeu: Defisit RAPBN 2025 jaga keseimbangan program pemerintah baru
Baca juga: Menkeu: Core tax jadi tulang punggung pencapaian penerimaan negara


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024