Nusantara (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menyiapkan 60 Aparatur Sipil Negara (ASN) membagikan pengalaman kerja dan pengalaman hidup selama di Nusantara, agar ASN lain yang akan tinggal di IKN tidak memiliki keraguan.

“Program Work From IKN (WFI) telah beberapa kali dilaksanakan sejak 2023, untuk memberi kesempatan bagi ASN merasakan pengalaman bekerja dan melihat langsung suasana pembangunan di Nusantara,” kata Sekretaris Otorita IKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya di Nusantara, Rabu.

Sedangkan untuk kegiatan WFI kali ini masuk dalam Batch IV dan Batch V, berlangsung di wilayah IKN selama lima pada 26-30 Agustus 2024, untuk memperkenalkan lingkungan kerja dan kehidupan sehari-hari di Nusantara kepada ASN yang pindah ke Nusantara.

WFI ini menerapkan proses pembelajaran bagi para fasilitator, yakni fasilitator yang merupakan ASN ini menggabungkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai melalui berbagai pengalaman langsung di Nusantara, untuk kemudian dibagikan kepada ASN yang segera pindah ke Nusantara.

Untuk itu, diharapkan para fasilitator ini dapat merasakan suasana bekerja di Nusantara sebagai sebuah proses belajar dari pengalaman dan memberikan pemahaman yang mendalam tentang Nusantara kepada rekan-rekan ASN lain.

Sementara Kepala Biro Perencanaan, Organisasi, dan Kerja Sama Otorita IKN, IGA Krisna Murti RS, yang sekaligus Ketua Panitia, menjelaskan bahwa khusus untuk WFI Batch IV dan IV ini, pesertanya berasal dari para fasilitator yang ditugaskan untuk memberikan pembekalan kepada ASN yang pindah ke Nusantara.

“Pelaksanaan WFI kali ini melibatkan total 60 fasilitator yang terbagi menjadi dua batch, yaitu Batch IV dan V yang masing-masing terdiri atas 30 fasilitator,” katanya.

Fasilitator tersebut berasal dari 16 kementerian/lembaga, yaitu Mahkamah Agung RI, Komisi Yudisial, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Dalam Negeri.

Kementerian Perdagangan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Kemudian Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Badan Intelijen Negara, serta Lembaga Administrasi Negara.

Pembukaan acara pada dua hari lalu dihadiri oleh Plt Kepala LAN RI Muhammad Taufiq dan Sekretaris Utama LAN RI Reni Suzanna.

Program ini diharapkan terjalin pemahaman dan pengalaman yang mendalam mengenai Nusantara, kemudian dapat menyiapkan sebaik-baiknya para ASN yang bertransisi menempati ibu kota baru Indonesia.

Baca juga: Kementerian PANRB perkuat mobilitas talenta ASN di IKN dan 3T

Baca juga: Menteri PANRB tegaskan pemindahan ASN ke IKN tunggu ekosistem siap

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024