Semarang (ANTARA) - Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka mengiring pendaftaran pasangan bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maemoen ke KPU Jawa Tengah, Rabu.

Pasangan Luthfi-Yasin datang dengan iring-iringan ratusan pendukung dan simpatisan ke kantor KPU Jawa Tengah yang berlokasi di Jalan Veteran, Kota Semarang.

Sembilan partai politik tercatat di sistem persetujuan KPU Jawa Tengah sebagai pengusung pasangan Luthfi-Taj Yasin dalam pendaftaran calon peserta Pilkada 2024 ini.

Kesembilan partai pengusung tersebut masing-masing Partai Gerindra, Partai Golkar, PKS, PKB, Partai Nasdem, PAN, PPP, Partai Demokrat, PSI, Partai Buruh, Partai Bulan Bintang, dan Partai Garuda.

Ketua KPU Jawa Tengah Handi Tri Ujiono mengatakan sesungguhnya terdapat 12 partai pengusul pasangan Luthfi-Taj Yasin.

Namun, lanjut dia, hanya sembilan yang tercatat dalam dokumen persetujuan yang diterima KPU.

Selanjutnya, kata dia, KPU akan melakukan verifikasi terhadap dokumen pencalonan dan syarat pencalonan.

"Kalau ada yang belum benar, masih ada kesempatan untuk melakukan perbaikan hingga 8 September 2024," katanya.

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU juga mengucapkan selamat datang kepada Wapres Terpilih Gibran Rakabuming yang ikut mengantar dalam pendaftaran tersebut.

Gabungan partai politik mencalonkan mantan Kapolda Jawa Tengah Komjen.Pol Ahmad Luthfi sebagai Calon Gubernur Jawa Tengah dan mantan Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maemoen sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Baca juga: Pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi daftar ke KPU Jateng

Baca juga: Pakar sebut duet Andika-Hendi menunjukkan kepercayaan diri PDIP

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024