Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo bertolak menuju Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk melakukan kunjungan kerja, di antaranya meresmikan rumah sakit hingga pasar pada hari Rabu.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana mengatakan bahwa Presiden beserta rombongan lepas landas menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 08.00 WIB.

"Setibanya di Pangkalan TNI AU Adi Sutjipto, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta, Presiden dan rombongan akan langsung menuju Rumah Sakit (RS) Sardjito Yogyakarta," kata Yusuf dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Di sana, Kepala Negara diagendakan untuk melakukan peninjauan sekaligus meresmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak RS Sardjito Yogyakarta.

"Selain itu, Presiden Jokowi juga diagendakan untuk meresmikan Pasar Godean, Kabupaten Sleman. Pasar yang dibangun sejak 2023 tersebut, diperkirakan dapat menampung sekitar 1.837 pedagang," kata Yusuf.

Presiden rencananya akan bermalam di Istana Kepresidenan Yogyakarta untuk melanjutkan kegiatan kunjungan kerja keesokan harinya.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan menuju DIY adalah Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana, serta Plh. Sekretaris Militer Presiden Brigjen TNI Heri Purwanto.

Tampak melepas keberangkatan Presiden menuju DIY, yaitu Pangdam Jaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Karyoto, Pangkoopsud I Marsekal Muda TNI Bambang Gunarto, serta Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Destianto Nugroho Utomo.

Baca juga: Jokowi dorong DPR selesaikan UU Perampasan Aset
Baca juga: Jokowi hargai penyampaian aspirasi dan minta demonstran dibebaskan

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024