Teheran, Iran (ANTARA) - Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menyatakan pada Selasa (27/8), meskipun tidak ada salahnya berhubungan dengan Barat, penting untuk tidak "menggantungkan harapan" pada mereka.

Pernyataan itu disampaikan Khamenei dalam pertemuan pertamanya dengan Kabinet pemerintahan baru yang dipimpin oleh Presiden Masoud Pezeshkian di Teheran.

Khamenei menegaskan bahwa pemerintahan baru tidak boleh "bergantung" pada "musuh-musuh" negara atau "menunggu" persetujuan mereka, menandakan bahwa negosiasi di masa depan akan tetap berpijak kuat pada kepentingan nasional Iran.

"Ini tidak berarti bahwa kita tidak dapat terlibat dengan musuh dalam situasi tertentu. Tidak ada salahnya dalam hal itu, tetapi jangan menaruh harapan pada mereka. Jangan percaya pada musuh," kata Khamenei, menurut situs web resminya.

Pernyataan Khamenei muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan AS terkait perang Israel di Gaza dan perkembangan terkait lainnya, termasuk pembunuhan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran akhir Juli lalu. 

Iran telah berjanji untuk membalas kematian Haniyeh dengan operasi militer balasan tetapi belum menyebutkan bentuk atau waktu pasti respons tersebut.

Pezeshkian, mantan anggota parlemen reformis yang terpilih sebagai presiden bulan lalu, telah berjanji dalam kampanyenya untuk membuka kembali saluran komunikasi dengan Barat guna meringankan sanksi.

Kesepakatan nuklir tahun 2015 antara Iran dan kekuatan dunia, yang dicapai selama masa jabatan Presiden Hassan Rouhani, secara efektif telah dihentikan karena perbedaan yang terus berlangsung antara Teheran dan Washington.

Dalam pernyataan tambahan pada Selasa, Khamenei menasehati presiden baru dan kabinetnya "untuk tidak takut pada hambatan," dengan menekankan bahwa tidak ada program atau upaya yang bebas dari tantangan.

Sumber: Anadolu-OANA
​​​​​​​
Baca juga: Parlemen Iran setujui semua calon menteri kabinet Pezeshkian
Baca juga: Pilihan Iran: Serang Israel atau lancarkan operasi intelijen
Baca juga: Netanyahu dikabarkan ketar-ketir dengan serangan Iran, Hizbullah

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024