Jakarta (ANTARA) -
Beberapa peristiwa humaniora terjadi di Tanah Air di sepanjang Selasa (27/8), di antaranya Menkes jelaskan alasan cacar monyet jadi darurat kesehatan dunia hingga BPBD Mukomuko minta warga waspadai gempa Megathrust.
 
 
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.
 
 
 
Menkes jelaskan alasan cacar monyet jadi darurat kesehatan dunia
 
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan alasan di balik keputusan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menetapkan status penyakit cacar monyet (Monkey Pox/Mpox) sebagai Kedaruratan Kesehatan Global (PHEIC) pada 14 Agustus 2024.
 
Menkes Budi dalam pernyataannya di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, menyebut kemunculan clade 1B di Afrika menjadi faktor utama perubahan status tersebut.
 
"Pada akhir 2022 Mpox dinyatakan sebagai Public Health Emergency of International Concern oleh WHO karena jumlah kasusnya melonjak dari 0 menjadi 30 ribu kasus," kata Menkes
 
Selengkapnya baca di sini
 
 
Indonesia catat 88 kasus Mpox, semua varian 2B dan sudah sembuh
 
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengemukakan sebanyak 88 kasus Mpox di Indonesia yang terjadi sepanjang kurun 2022 hingga sekarang, semua varian 2B dan seluruhnya telah sembuh.
 
"Sejak status Public Health Emergency of International Concern diumumkan oleh WHO pada 2022, Indonesia telah melaporkan total 88 kasus Mpox," kata Menkes Budi di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa.
 
Menteri menjelaskan, dari jumlah tersebut, 73 kasus terjadi pada tahun 2023, sementara tahun 2024 mencatat 14 kasus yang telah dikonfirmasi positif hingga saat ini.
 
Selengkapnya baca di sini
 
 
Menkes ungkap rencana pemerintah tambah vaksin Mpox 1.600 dosis

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan rencana pemerintah untuk mendatangkan 1.600 dosis vaksin tambahan dalam upaya menghadapi wabah Mpox.
 
“Dari 1.000 dosis vaksin yang kami datangkan, saat ini hanya tersisa 40 dosis. Kami sedang menunggu kedatangan 1.600 dosis vaksin tambahan yang diharapkan tiba minggu ini,” kata Budi di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa.
 
Ia mengatakan tambahan vaksin itu akan menambah jumlah vaksin Mpox yang sebelumnya tersedia di Indonesia sebanyak 1.000 dosis.

Selengkapnya baca di sini
 
Muhammadiyah masih tunggu lokasi dan alokasi tambang
 
Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyatakan bahwa mereka masih menunggu di mana lokasi dan alokasi tambang yang diberikan pemerintah, setelah sebelumnya menyatakan menerima pengelolaan Izin Usaha Tambang (IUP) pada Konsolidasi Nasional akhir Juli lalu.
 
"Nah sekarang kita belum tahu lokasinya di mana kan kita belum tahu. Dari lokasi dan alokasinya berapa dan di mana kita belum tahu," ujar Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti di Jakarta, Selasa.
 
Pernyataan Mu'ti tersebut menanggapi pertanyaan perihal wacana pengembalian IUP jika Muhammadiyah mendapat lahan tambang bekas.
 
Selengkapnya baca di sini


BPBD Mukomuko minta warga waspadai gempa Megathrust
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminta warga agar mewaspadai gempa bumi Megathrust yang berpotensi terjadi di daerah ini.
 
"Dengan adanya informasi dari BMKG, seharusnya warga waspada. Kalau memang terjadi tentu warga ada persiapan," kata Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Ahmad Hidayat Syah di Mukomuko, Selasa.
 
Ia mengatakan hal itu terkait dengan informasi BMKG perihal potensi terjadinya gempa Megathrust dengan magnitudo 8,7 di Mentawai dan Selat Sunda.
Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024