Jakarta (ANTARA) -
Berbagai peristiwa politik kemarin yang menjadi sorotan di antaranya PDI Perjuangan akan mengusung Pramono Anung-Rano Karno untuk Pilkada Jakarta 2024 hingga Partai Golkar mengusung Airin Rachmi Diany yang berpasangan dengan Ade Sumardi untuk Pilkada Banten 2024.
 
Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:
 
PDIP akan usung Pramono-Rano Karno di Pilkada Jakarta 2024
 
Jakarta (ANTARA) - DPP PDI Perjuangan  akan mengusung Pramono Anung-Rano Karno di Pilkada DKI Jakarta 2024.
 
Hal itu disampaikan oleh Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey saat dikonfirmasi pewarta ANTARA dari Jakarta, Selasa.
 
"Iya (akan mengusung Pramono-Rano Karno di Pilkada Jakarta)," kata Olly.
 
Baca selengkapnya di sini.
 

GP Ansor tolak kadernya dampingi Edy Rahmayadi di Pilkada Sumut
 
Jakarta (ANTARA) - Gerakan Pemuda (GP) Ansor menolak salah satu kadernya, Hasan Basri Sagala untuk mendampingi bakal calon Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumut 2024.
 
Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Sumut Adlin Tambunan mengaku lebih mendukung Hasan untuk tetap fokus membantu Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta sebagai Staf Ahli Menag.
 
"Hasan sebaiknya fokus pada tugasnya membantu Pak Menteri Agama, karena banyak pekerjaan di Kementerian Agama yang membutuhkan buah pikiran dari Hasan,”ujar Adlin dalam keterangan tertulis resmi yang diterima di Jakarta, Senin.
 
Baca selengkapnya di sini.
 

PKS batalkan dukungan pada Riza Patria-Marshel di Pilkada Tangsel 2024
 
Jakarta (ANTARA) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membatalkan dukungan kepada mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan komika Marshel Widianto pada Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2024, untuk kemudian memberikannya kepada Ruhamaben dan Shinta Wahyuni Chairuddin sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Tangsel.
 
"DPTP PKS memutuskan untuk menarik rekomendasi/SK/Form B 1 KWK yg sebelumnya sudah diberikan kepada calon lain, dengan mengeluarkan dukungan resmi terbaru (SK dan Form B 1 KWK) pada Pilkada Tangsel kepada dua kader PKS, yaitu Ruhamaben-Shinta," kata Presiden PKS Ahmad Syaikhu dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.
 
Dia mengatakan bahwa pengalihan dukungan itu diputuskan setelah PKS mendengarkan aspirasi dari para kader dan masukan publik, terutama dengan adanya peluang yang dibuka oleh putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang telah diakomodasi dalam Peraturan KPU (PKPU) sehingga PKS berkesempatan mengusung calon wali kota dan wakil wali kota Tangsel.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
DPP PDIP tepis ada kesepakatan politik dengan Anies terkait pilkada
 
Jakarta (ANTARA) - ​​​​​​​ Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah menepis adanya kesepakatan politik yang dibangun dengan Anies Baswedan terkait dengan Pilkada 2024.
 
"Enggak, orang silaturahim kok urusannya politik. Murni silahturahmi, tidak ada kesepakatan politik. Karena kami tidak dalam posisi membuat kesepakatan apapun, posisinya betul-betul kami silahturahim," kata Said di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa.
 
Hal itu disampaikannya menanggapi beredarnya foto Anies bersama elite PDI Perjuangan dengan lembaran dokumen yang tampak sedang ditandatangani.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
Golkar usung Airin-Ade jadi calon gubernur dan wakil gubernur Banten
 
Jakarta (ANTARA) - ​​​​​​​Partai Golkar secara resmi mengusung Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi untuk maju menjadi calon Gubernur Banten dalam Pilkada 2024.
 
Hal tersebut dipastikan setelah Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia memberikan formulir B1-KWK kepada Airin dan Ade di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Selasa.
 
Bahlil mengatakan bahwa pihaknya sangat bangga mengusung Airin lantaran mantan Wali Kota Tangerang Selatan itu merupakan salah satu kader terbaik Golkar.
 
Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024