Kami yakin dengan sinergi dan dukungan serta doa dari semua tokoh agama Papua akan tetap menjadi tanah yang damai.
Jayapura (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Papua memastikan keamanan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 tetap kondusif.

Kapolda Papua Komjen Pol Matius D Fakhiri dalam acara tasyakuran kenaikan pangkat yang berlangsung di Mapolda Papua, Jayapura, Selasa (27/8), mengatakan pihaknya akan terus mengantisipasi gangguan keamanan yang akan terjadi khususnya pada daerah rawan menjelang pelaksanaan pilkada.

"Sehingga semua tahapan pilkada bisa berlangsung dengan baik, aman dan lancar," katanya pula.

Menurut Fakhiri, pihaknya telah melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Cartenz 2024 sebagai upaya pengecekan terakhir kesiapan personil maupun sarana dan prasarana yang akan digunakan guna menunjang Pilkada 2024.

"Indeks kerawanan di Papua memang sangat tinggi, sehingga diharapkan semua personel selalu melakukan langkah antisipasi dan pemetaan konflik secara detail," ujarnya lagi.

Dia menjelaskan personel yang dilibatkan dalam operasi tersebut sebanyak 12.853 orang meliputi TNI-Polri dan juga Linmas yang bertugas selama 132 hari terhitung sejak 26 Agustus 2024.

Dia menambahkan, pihaknya juga berharap sinergi khususnya dari satuan kewilayahan Kodam XVII/Cenderawasih, Lantamal X Jayapura, dan dan Lanud Silas Papare terus terjalin baik dalam menjaga situasi Papua tetap terus damai.

"Kami yakin dengan sinergi dan dukungan serta doa dari semua tokoh agama Papua akan tetap menjadi tanah yang damai," ujarnya.

Tasyakuran Kapolda Papua merupakan penghormatan dan perayaan atas pencapaian kenaikan pangkat menjadi komjen polisi.
Baca juga: Satgas Damai Cartenz dan TNI berkomitmen jaga keamanan masyarakat
Baca juga: Gubernur: Rakor kesiapan Pilkada upaya jaga stabilitas keamanan Papua

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024