BPBD Kota Medan diminta menyiapkan sekitar 500 nasi bungkus untuk warga yang rumahnya terendam air.
Medan (ANTARA) -
Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution langsung turun menerobos banjir untuk melihat kondisi warganya akibat intensitas hujan yang tinggi sejak siang hingga petang, di Medan, Selasa (27/8).
 
Bobby juga melihat langsung kediaman warganya yang terendam banjir, seperti di Jalan Perjuangan, Kelurahan Tanjung Rejo, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan.
 
Ada tiga lokasi ditinjau di kawasan tersebut, yakni Gang Cipto di Lingkungan 13, Gang Indah dan Gang Keamanan yang keduanya di Lingkungan 19, Kelurahan Tanjung Rejo.
 
Ketinggian air bervariasi mulai selutut orang dewasa hingga 1,5 meter, terutama rumah warga di kawasan pinggiran sungai. Dalam peninjauan ini, Bobby didampingi Penjabat Sekda Kota Medan Topan Obaja Putra Ginting.
 
Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini, juga langsung menginstruksikan kepada perangkat daerah terkait untuk gerak cepat membantu warga yang terendam banjir.
 
"Sebagai langkah pertama kepada BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Medan diminta menyiapkan sekitar 500 nasi bungkus untuk warga yang rumahnya terendam air," kata Bobby.
 
Setelah itu, pihaknya juga memberikan sejumlah instruksi kepada BPBD Kota Medan untuk segera menyiapkan perahu karet guna mengevakuasi warga yang menjadi korban banjir.
 
Kehadiran Bobby langsung disambut oleh warga Kecamatan Medan Sunggal seraya menyampaikan keluhan banjir yang dialami.
 
Mereka berharap masalah banjir kerap dihadapi, terutama saat intensitas curah hujan tinggi, segera diatasi karena selain aktivitas lumpuh, tidak sedikit peralatan rumah tangga rusak akibat terendam banjir.
 
Bobby yang terus didampingi Topan Ginting setelah itu, juga menerobos banjir di kawasan lain untuk melihat lebih dekat titik banjir, dan meninjau sungai di lokasi banjir.
 
Tampak pria kelahiran 5 Juli 1991 itu, membahas upaya-upaya mengatasi banjir di kawasan tersebut bersama Pj Sekda Kota Medan yang juga menjabat Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Kota Medan.
 
Beberapa saat sebelumnya, Wali Kota Medan Bobby Nasution juga meninjau lokasi banjir, di Kecamatan Medan Selayang mulai dari kawasan Sempakata sampai dengan Padang Bulan Selayang 2.
 
Pemkot Medan terus berupaya menangani dan meminimalisir terjadinya banjir, selain mengajak warga tidak membuang sampah sembarangan dan mendirikan bangunan di bantaran sungai.
Baca juga: Satuan Brimob turunkan 30 personel atasi dampak banjir Serdang Bedagai
Baca juga: BMKG: Waspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang di Sumut

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024