Jakarta (ANTARA) - Serial komik dan animasi Jepang karya Akira Toriyama, "Dragon Ball" memiliki banyak karakter yang tampil dalam ratusan bab. Untuk merayakan bab ke-411 "Dragon Ball" pada 1993, penerbit manga Weekly Shonen Jump membuat jajak pendapat terkait siapakah karakter favorit para penggemar dalam komik tersebut.

Meskipun jajak pendapat itu sudah dilakukan sejak 30 tahun lalu, namun karakter-karakter yang terpilih tetap menjadi karakter favorit para penggemar "Dragon Ball" 

Berikut adalah 10 karakter favorit dalam serial animasi "Dragon Ball" yang menjadi favorit penggemar beserta profilnya:

1. Son Gohan: Putra pertama Son Goku dan Chichi itu mencuat sebagai tokoh utama bersama sang ayah dengan membunuh Cell selama pertempuran mereka dalam alur cerita Android. Kekuatan Gohan antara lain memancarkan kilatan cahaya "Masenko" hingga pukulan jarak jauh perguruan Pertapa Kura-Kura "Kamehameha" membuatnya mampu menumpas musuh.

2. Son Goku: Keturunan prajurit bangsa Saiya di Planet Vegeta "Bardock" yang lahir dengan nama Kakarot. Dia merupakan tokoh utama dalam cerita komik dan animasi "Dragon Ball". Karena suatu insiden benturan di kepalanya saat masih anak-anak, Kakarot melupakan asal-usulnya dan tumbuh menjadi Son Goku, petarung terkuat di Planet Bumi. Goku memiliki satu orang istri dan dua orang putra dari hubungan pernikahannya bersama Chichi, salah satunya Son Gohan. Kekuatan Goku antara lain pukulan jarak jauh perguruan Pertapa Kura-Kura "Kamehameha" yang dipelajari dari gurunya Muten Roshi, teleportasi, hingga menghimpun dan melemparkan bom roh ("Genkidama").

3. Trunks: Pria Bumi dari masa depan itu dikirim dengan mesin waktu buatan Bulma (ibunya) untuk memberitahukan Goku dan teman-teman tentang potensi kecerdasan Android di masa depan yang sanggup memporak-porandakan Bumi. Tak ingin Bumi hancur, Goku bekerja sama dengan Trunks untuk menghentikan pengembangan Android. Trunks merupakan putra pertama Bulma dan Vegeta, dan merupakan seorang pendekar pedang. Kekuatan Trunks antara lain tebasan pedang bersinar "Shining Sword Attack", serangan pembakar "Burning Attack", hingga serangan pamungkas "Finish Buster" dan pukulan bola panas "Heat Dome Attack".

​​​​​​​4. Vegeta: Pangeran bangsa Saiya di Planet Vegeta itu selalu bersaing dengan Son Goku untuk memperoleh gelar petarung yang terkuat. Dia juga menikahi seorang wanita di Bumi yang bernama Bulma, dan memperoleh satu putra yaitu Trunks dan satu putri bernama Bra. Vegeta melancarkan serangan pamungkas "Big Bang Attack" untuk menumpas musuh.

​​​​​​​5. Piccolo: terlahir sebagai Junior, seorang makhluk reinkarnasi dari musuh Son Goku, Piccolo-Daimao. Piccolo Junior dan Piccolo-Daimao adalah makhluk luar angkasa dari Planet Namek dengan ciri tubuh berwarna hijau dan telinga yang runcing. Piccolo Junior mengalami dua kali penyatuan, pertama dengan Raja Bumi "Kami", menyebabkan hilangnya kebencian dan menjadi lebih bijaksana. Penyatuan kedua dengan petarung Planet Namek Nail, membuat dia bertambah kuat. Serangan spesial Piccolo yaitu tembakan laser "Special Beam Cannon" pernah menumpas musuh bernama Raditz sekaligus adik kandung Raditz, Son Goku.

​​​​​​​6. Krillin: seniman bela diri dari Kuil Orin dan kemudian dilatih di bawah Perguruan Pertapa Kura-Kura Muten-Roshi. Dia menikahi Android 18 (Lazuli) setelah dikembalikan menjadi manusia oleh permohonan ajaib kepada tujuh bola naga. Krillin mempunyai seorang putri bernama Marron. Serangan spesial Krillin adalah cakram penghancur "Destructo Disc".

7. Mr. Satan: Nama aslinya Hercule, Mister Satan merupakan nama panggungnya ketika bertarung di turnamen bela diri dan menjadi juara dunia. Satan menguasai kekuatan bela diri gulat.

8. ​​​​​​​Cell: Android tipe bioteknologi yang diciptakan oleh komputer Dr. Gero. Cell adalah antagonis utama dalam alur cerita Android.

​​​​​​​9. Bulma: Ilmuwan cantik dan cerdas. Sejak gadis, Bulma terobsesi mengumpulkan tujuh bola naga. Dia adalah istri Vegeta, sekaligus ibu dari Trunks dan Bra.

​​​​​​​10. Dende: Orang Planet Namek dengan bakat unik menyembuhkan orang yang terluka. Dende diminta Son Goku untuk tinggal di Planet Bumi dan menjadi Raja Bum, menggantikan "Kami" yang sudah menyatu tubuh dengan Piccolo.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024