Jakarta (ANTARA) -
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) mengintegrasikan program Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dalam Kurikulum Merdeka guna mempersiapkan partisipasi peserta didik dalam mengatasi permasalahan kependudukan pada masa mendatang.
 
Ketua Tim Pendidikan Kependudukan Jalur Formal BKKBN Budyawati mengatakan Sekolah Siaga Kependudukan mengintegrasikan materi pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (Bangga Kencana) ke dalam kegiatan pembelajaran di sekolah sehingga peserta didik memiliki pengetahuan, pemahaman kesadaran terhadap kondisi kependudukan di Indonesia maupun secara global.
 
“Jadi satuan pendidikan perlu memahami bahwa SSK bukan merupakan suatu mata pelajaran baru sehingga tidak perlu menambah jam pelajaran. Kurikulum Merdeka menetapkan empat pendekatan pembelajaran yang salah satunya mengusung konsep integrasi jadi jelas merupakan peluang bagi SSK untuk diintegrasikan dalam mata pelajaran,” katanya dalam webinar bertajuk "Sinergitas Program Sekolah Siaga Kependudukan dan Gerakan Sekolah Sehat" di Jakarta, Selasa.
 
Ia menjelaskan satuan pendidikan dapat menggunakan pendekatan mata pelajaran, tematik, secara integrasi maupun blok waktu untuk menyelaraskan materi Bangga Kencana ke dalam Kurikulum Merdeka.
 
Sebagai contoh, ia menyebutkan, dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, guru dapat memasukkan salah satu tujuan pembelajaran ialah agar peserta didik mampu membaca intensif satu teks bertemakan bonus demografi sehingga dapat menemukan ide pokok dan permasalahan utama yang dibahas dalam teks tersebut.

Baca juga: BKKBN gandeng Kemendikbud kembangkan Sekolah Siaga Kependudukan 
 
Selain dalam mata pelajaran, satuan pendidikan juga dapat mengintegrasikan substansi materi Bangga Kencana dengan Modul Ajar dan Modul Proyek Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Budyawati juga menekankan integrasi materi SSK dapat juga melibatkan kegiatan kesiswaan atau ekskul, seperti Pramuka Peduli Kependudukan dan bimbingan konseling serta penyediaan Pojok Kependudukan di sekolah.
 
Selain dapat diintegrasikan dengan Kurikulum Merdeka, ia menambahkan, program SSK juga memiliki keselarasan dengan Gerakan Sekolah Sehat (GSS) yang telah diinisiasi oleh Kemendikbudristek sejak akhir 2023.
 
Ia menilai fokus Gerakan Sekolah Sehat yang ingin menciptakan anak Indonesia yang sehat, kuat, cerdas, dan berkarakter sebagaimana diimplementasikan dalam 5 Fokus Sehat sejalan dengan tujuan program Sekolah Siaga Kependudukan, yaitu membentuk generasi yg mampu menghadapi tantangan dan permasalahan kependudukan saat ini dan masa depan.
 
Aspek tantangan dan permasalahan tersebut mencakup perilaku seks bebas, pernikahan dini, narkoba, stunting, peduli lingkungan, dan permasalahan kependudukan lainnya.

Baca juga: Banjarmasin perbanyak sekolah siaga kependudukan
Baca juga: Kepala BKKBN minta guru berikan pendidikan kesehatan reproduksi
Baca juga: SMPN Barat Magetan tanamkan nilai anti-korupsi dan siaga kependudukan

 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024