Jaringan global kami yang terdiri dari 49 kantor perdagangan telah berhasil mengamankan partisipasi pembeli internasional terkemuka, yang menggarisbawahi semakin menonjolnya acara ini di pasar Halal global,
Kuala Lumpur (ANTARA) - Perusahaan Pengembangan Perdagangan Luar Negeri Malaysia (The Malaysia External Trade Development Corporation/MATRADE) menyebut, setidaknya 250 pembeli dari berbagai negara akan menghadiri pencocokan bisnis bersamaan pameran produk halal Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) 2024.


Menurut Kepala Eksekutif MATRADE Mohd Mustafa Abdul Aziz, dalam keterangan tertulisnya diterima di Kuala Lumpur, Selasa, selain menampilkan 250 pembeli internasional, pencocokan bisnis dalam Program Pengadaan Internasional (International Sourcing Programme/INSP) di MIHAS 2024 itu akan juga menarik 20 pembeli premium dari sekitar 40 negara.

"Jaringan global kami yang terdiri dari 49 kantor perdagangan telah berhasil mengamankan partisipasi pembeli internasional terkemuka, yang menggarisbawahi semakin menonjolnya acara ini di pasar Halal global," katanya.

Pembeli-pembeli termasuk datang dari negara-negara di Eropa, Asia Selatan, China dan timur laut Asia, Asia Tengah dan Amerika.

Sedangkan 20 pembeli premium, mereka merupakan perwakilan dari industri raksasa seperti hipermarket besar dan pengecer dengan outlet tersebar secara global dari negara-negara Amerika Serikat, India, Inggris, Taiwan, Hong Kong, Kazakhstan and Uzbekistan.

Dan di 2024 ini, menurut Mohd Mustafa, partisipasi mereka berpotensi menghasilkan lebih dari 1 miliar Ringgit Malaysia (RM) atau sekitar Rp3,5 triliun.

INSP MIHAS 2024 akan memfasilitasi sedikitnya 2.500 sesi pencocokan bisnis, kata dia.

Menurut dia, program tersebut berperan penting dalam memperkuat hubungan perdagangan internasional, memperluas akses pasar bagi para pelaku bisnis Malaysia, dan berkontribusi pada pengembangan rantai pasokan global yang berkelanjutan.

INSP MIHAS 2024 diselenggarakan secara hybrid, dengan sesi virtual berlangsung mulai 15 Februari hingga 30 November 2024.

Sesi fisik akan diadakan pada 18 September 2024 di Menara MATRADE yang ikonik bersamaan dengan MIHAS 2024 yang diselenggarakan selama 17-20 September 2024 di Malaysia International Trade Exhibition Centre (MITEC), Kuala Lumpur.

Program tahun ini akan menyoroti 20 sektor yang beragam, beberapa di antaranya hasil pertanian, pakaian, garmen dan aksesoris, minuman, makanan olahan, bahan makanan, sarung tangan, produk minyak sawit, farmasi, perlengkapan mandi, kosmetik, mesin dan peralatan.

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024