Karena negara kecil, populasinya kecil, mereka (perusahaan-perusahaan besar) kadang tidak mau meladeni negara-negara kecil itu satu per satu.
Jakarta (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berharap bisa membentuk badan hukum untuk membantu menghubungkan perusahaan-perusahaan Indonesia dengan negara-negara Karibia.

Dalam arahan pers INA-LAC 2024, di Jakarta, Selasa, Ketua Komite Amerika Tengah, Kuba, dan CARICOM Kadin Prasetyo Singgih mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan besar Indonesia agak sungkan melayani permintaan dari negara-negara Karibia.

“Karena negara kecil, populasinya kecil, mereka (perusahaan-perusahaan besar) kadang tidak mau meladeni negara-negara kecil itu satu per satu,” ujar Prasetyo, menambahkan bahwa negara-negara Karibia itu pasar yang relatif belum terjamah.

Prasetyo mengatakan bahwa pihaknya sedang menjajaki pembentukan suatu trading company dan menempatkannya di wilayah Amerika Tengah, dengan harapan pihaknya bisa membantu transaksi perdagangan antara Indonesia dengan negara-negara Karibia tersebut.

“Kenyataannya, ini yang di satu pihak permintaan ada, tapi satu pihak kadang kurang melayani. Jadi kita mencoba menjembatani ini,” ujar Prasetyo.

Dia berharap agar badan hukum bisa terbentuk tahun depan supaya Indonesia bisa lebih gesit mengekspor produk-produk Indonesia ke negara-negara Karibia dan Amerika Latin lainnya.

INA-LAC 2024 akan diselenggarakan pada 11-13 September 2024 di Lima, Peru.

INA-LAC bertujuan untuk meningkatkan hubungan ekonomi antara Indonesia dengan negara-negara Amerika Latin dan Karibia.

Pada acara tersebut, akan diselenggarakan forum bisnis yang akan memamerkan produk-produk unggulan Indonesia.

Selain forum bisnis, INA-LAC 2024 juga akan mengadakan business matching dan business pitching yang akan mempertemukan perusahaan-perusahaan Indonesia dan perusahaan-perusahaan dari Amerika Latin.

Untuk pertama kalinya, INA-LAC 2024 akan mengadakan INA-LAC Society Forum dengan para akademisi dan masyarakat Indonesia dan Amerika Latin bisa saling membangun hubungan.
Baca juga: RI bidik pasar suku cadang kendaraan bermotor Amerika Latin, Karibia
Baca juga: Indonesia dorong penguatan hubungan dengan negara Karibia


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024