Program ini dirancang untuk mendukung kemandirian ekonomi masyarakat setempat melalui pengembangan budi daya udang tambak secara semi intensif.
Banda Aceh (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) melalui Integrated Terminal (IT) Lhokseumawe meluncurkan Program Gampong Berdikari budi daya udang vaname di Desa Padang Sakti, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Aceh.

“Program ini dirancang untuk mendukung kemandirian ekonomi masyarakat setempat melalui pengembangan budi daya udang tambak secara semi intensif,” kata Area Manager Comm, Rel & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Susanto August Satria dihubungi di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan dalam program awal tersebut pihaknya menebar sebanyak 200.000 benur udang vaname sebagai bentuk dukungan kepada para petani tambak termasuk dengan peningkatan sarana dan fasilitas budi daya udang seperti pemasangan kincir air serta instalasi listrik di area tambak.

“Kami juga memberikan bantuan berupa mesin pencetak pakan untuk mendukung produksi pakan mandiri dan melakukan pendampingan dalam budi daya serta produksi pakan untuk menekan biaya operasional,” kata Satria.

Integrated Terminal Manager Lhokseumawe Revi Mei Arisandi menjelaskan Program Gampong Berdikari bertujuan untuk mentransformasi metode budi daya udang tradisional menjadi semi-intensif.

Ia mengatakan pascapandemi COVID-19, banyak petani menghadapi tantangan, termasuk penurunan harga udang dan terbatasnya akses pasar, yang menyebabkan tambak mereka terbengkalai dan beberapa petani telah kembali mengelola tambak secara tradisional dengan modal minim dan membuat pakan udang alternatif secara mandiri.

“Kami berharap dengan program ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat setempat. Program ini tidak hanya meningkatkan pendapatan ekonomi para petani tambak, tetapi juga meningkatkan kompetensi mereka dalam menerapkan metode budidaya tambak semi intensif dan produksi pakan mandiri sehingga program tersebut dapat berkelanjutan untuk memberdayakan masyarakat secara menyeluruh,” kata Revi.

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Pangan Kota Lhokseumawe A Haris mengatakan dengan bantuan tersebut dapat membuahkan hasil yang optimal bagi masyarakat dan membantu mereka melanjutkan usaha budi daya dengan lebih baik.

Acara peluncuran Program CSR Gampong Berdikari turut dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan di daerah setempat.
Baca juga: Kapal pengangkut minyak Pertamina bocor di perairan Lhokseumawe
Baca juga: Pertamina dukung pengembangan KEK Arun menuju kawasan industri hijau


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024