Jakarta (ANTARA) - Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri bersama Yayasan Nusantara Sejati (YNS) terus memperkuat kolaborasi dalam upaya memperluas cakupan Review Program di berbagai daerah di Indonesia.

Kepala BSKDN Kemendagri Yusharto Huntoyungo mengatakan program ini bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kebijakan pemerintah daerah melalui evaluasi yang melibatkan masyarakat.

"Ini menjadi bagian dari komitmen bersama untuk kita bisa berbagi informasi (mengenai Review Program) karena target kita ke depan mau melibatkan lebih banyak daerah dalam program review ini," kata Yusharto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Ia menegaskan pentingnya kerja sama ini sebagai langkah strategis dalam mendorong pemerintah daerah untuk lebih responsif terhadap dinamika sosial, ekonomi, dan budaya yang berkembang di masyarakat.

Baca juga: BSKDN-Koso Nippon dan YNS kerja sama program "review" kebijakan pemda

Yusharto menuturkan daerah perlu memahami pentingnya penerapan Review Program dalam menunjang perwujudan kebijakan publik yang relevan dengan kondisi masyarakat. Program tersebut juga diyakini dapat mendukung pembangunan berkelanjutan di daerah.

"Kita perlu mengenalkan kepada daerah mengenai manfaat dari Review Program ini. Ke depan ini akan sangat membantu pertumbuhan daerah secara signifikan," tambahnya.

Selain itu, Yusharto juga mengungkapkan Review Program telah berhasil diterapkan di sejumlah daerah dan menunjukkan hasil yang positif. Daerah tersebut meliputi Kabupaten Bantul, Kabupaten Sinjai, dan Kota Surabaya.

Baca juga: Kemendagri: RI siap lanjutkan kerja sama penerapan Program Review

Ke depan, BSKDN bersama YNS meyakini penerapan Review Program di daerah akan memberikan dampak yang lebih luas dan dapat mencakup daerah-daerah yang selama ini belum tersentuh oleh evaluasi kebijakan publik yang mendalam.

"Sekarang mari kita coba tindak lanjuti, setidak-tidaknya pascakegiatan kita di Jepang sekaligus tindak lanjut untuk penandatanganan PKS (perjanjian kerja sama) dan sejumlah hal lainnya terkait perluasan Review Program di daerah," ujar Yusharto.

Sementara itu, perwakilan dari YNS Eka Toba Putra Simanjuntak mengatakan implementasi Review Program di Indonesia adalah proyek kerja sama dengan Koso Nippon dan telah dilakukan uji coba di sejumlah daerah.

Melalui Review Program, pihaknya berkomitmen mewujudkan kebijakan publik dan pembangunan berkelanjutan di daerah yang semakin baik.

"Kami melihat banyak sekali manfaat dari Review Program bagi pemerintah daerah, terutama untuk menghasilkan kebijakan yang inovatif dan solutif," pungkas Eka.

Baca juga: Kemendagri harap daerah terapkan "review program"

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024