Jakarta (ANTARA) -
Presiden terpilih sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berkelakar bahwa mantan Gubernur Jakarta Sutiyoso merupakan kader Partai Gerindra yang disusupkan ke Partai NasDem.
 
Dia mengungkapkan hal tersebut ketika menyambut Letnan Jenderal TNI purnawirawan itu selaku kader Partai NasDem yang hadir dalam Kongres III Partai NasDem di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa.
 
"Senior saya Jenderal TNI Sutiyoso yang saya hormati, saya banggakan. Pak Sutiyoso adalah kader Gerindra yang saya susupkan ke NasDem," kata Prabowo.
 
Prabowo pun sebelumnya sempat lupa menyambut Sutiyoso, pasalnya dirinya terlebih dahulu menyambut sejumlah petinggi Partai NasDem. Dia pun kemudian memohon maaf kepada pria yang akrab disapa "Bang Yos" itu.
 
Selain itu, dia juga berkelakar bahwa Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh kerap disapa dengan istilah "Bung Brewok". Dia pun mengaku ingin memiliki jenggot dan kumis seperti yang dimiliki Surya.
 
Namun sejauh ini, menurutnya jenggot dan kumis sulit tumbuh di wajahnya. Dia kemudian juga mengucapkan selamat kepada Surya Paloh yang terpilih kembali sebagai Ketua Umum Partai NasDem untuk periode 2024-2029.
 
"Kumis saya di ujung ada tiga, di sebelah kiri ada dua. Jadi kalau pake kumis itu, orang panggil saya Fu Manchu (karakter fiksi)," kata Prabowo.
 
Adapun kegiatan Kongres III Partai NasDem itu digelar sejak Minggu (25/8) dan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo. Kegiatan yang digelar selama tiga hari itu membahas beragam hal, mulai dari agenda internal, pemilihan dan penetapan ketua umum, hingga penyusunan rekomendasi kebijakan untuk pemerintah.
 
Pada Selasa ini, Surya Paloh pun kembali ditetapkan sebagai Ketua Umum Partai NasDem untuk periode 2024-2029. Surya Paloh pun ditugaskan oleh partai untuk menyusun kepengurusan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai NasDem untuk periode lima tahun ke depan.
 
Selanjutnya Prabowo pun telah dijadwalkan menjadi tamu undangan untuk menutup agenda Kongres III Partai NasDem itu. Kini partai yang dipimpin oleh Surya Paloh itu pun sudah mendeklarasikan menjadi partai yang mendukung pemerintahan ke depan, walaupun sebelumnya mendukung Anies Baswedan dalam Pemilu 2024.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024