Mereka akan menunggu di sana dan seluruh peralatan yang dibawa akan diurus.
Banda Aceh (ANTARA) - Otoritas Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, Angkasa Pura II menyatakan untuk menyukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara (Sumut), pihaknya bersama PB PON dan Pemerintah Aceh telah menyusun skenario operasi kedatangan kontingen.

“Saat ini kami terus membangun koordinasi dan juga melakukan berbagai kesiapan dalam penyambutan dan kedatangan berbagai kontingen melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar termasuk melakukan gladi penyambutan,” kata Pgs Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Bandara Internasional SIM Andika Kusdwiyanka, di Blang Bintang, Selasa.

Ia menjelaskan untuk kedatangan, pihaknya telah menetapkan alur kedatangan para kontingen akan menggunakan jalur tersebut, selanjutnya menuju ke tenda roder yang disiapkan PB PON Aceh-Sumut.

“Mereka akan menunggu di sana dan seluruh peralatan yang dibawa akan diurus. Artinya para kontingen atlet khususnya tidak disibukkan untuk mengambil barangnya di tempat kedatangan,” katanya pula.

Dia mengatakan untuk mendukung dan menyukseskan PON Aceh-Sumut, Otoritas Bandara Internasional SIM juga menyiapkan tiga hal utama yakni persiapan prosedur, kesiapan fasilitas, dan sumber daya manusia.

“Khusus SDM kita juga telah membuat surat keputusan internal terhadap personel yang akan terlibat dalam operasional, setiap harinya jumlah petugas yang akan bertugas sebanyak 50 orang dan memberlakukan sistem lembur,” katanya lagi.

Pihaknya meyakini dengan berbagai persiapan yang terus dilakukan serta koordinasi dengan semua pemangku kepentingan berbagai prosedur dan alur kedatangan dan keberangkatan akan berjalan maksimal.

Adapun maskapai penerbangan domestik di Bandara Internasional SIM Blang Bintang Aceh Besar, yakni Garuda Indonesia, Citilink, Super Air Jet, Batik Air, Pelita Air, dan Susi Air (perintis).

Kemudian untuk maskapai penerbangan internasional, di antaranya Air Asia, Firefly, Garuda Indonesia dengan rute Kuala Lumpur, Penang, dan Jeddah.
Baca juga: Kirab api PON XXI Aceh-Sumut dimulai dari Pulau Weh Sabang
Baca juga: KONI Jakarta gandeng Bank Aceh untuk kelancaran transaksi selama PON


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024