Moskow (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri Arab Saudi pada Selasa mengecam kepala keamanan nasional Israel Itamar Ben-Gvir yang menyerukan pembangunan sinagog di Gunung Bait Suci di Yerusalem, yang menjadi lokasi kompleks Masjid Al-Aqsa.

"Kementerian Luar Negeri menyampaikan kecaman Kerajaan Arab Saudi terkait pernyataan salah satu kepala departemen di pemerintahan pendudukan Israel yang menyerukan pembangunan sinagog di Masjid Al-Aqsa," kata Kemlu melalui pernyataan.

Ben-Gvir, yang merupakan garis keras Israel, pada Senin (26/8) mengatakan akan membangun sinagog di Gunung Bait Suci untuk memastikan kesetaraan hak bagi orang Yahudi dan Muslim.

Kementerian mengaku secara tegas menolak pernyataan "ekstremis dan provokatif" semacam itu dan meminta dunia untuk mendorong diakhirinya bencana kemanusiaan di wilayah-wilayah Palestina.

Gunung Bait Suci atau Temple Mount, yang dikenal di kalangan umat Islam sebagai Haram al-Sharif, merupakan situs tersuci ketiga dalam Islam dan diawasi lembaga keagamaan Wakaf Islam.

Meski orang Yahudi kini diperbolehkan mengunjungi situs tersebut, namun mereka dilarang berdoa di sana untuk menghindari ketegangan antara orang-orang Yahudi dan Muslim.

Sumber: Sputnik-OANA
Baca juga: Qatar kecam rencana Israel bangun sinagog di kompleks Masjid Al-Aqsa
Baca juga: Empat tewas akibat penyerangan di dekat sinagoge di Tunisia
Baca juga: Pelaku penembakan sinagoga Jerman hadapi hukuman penjara seumur hidup

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024