Jakarta (ANTARA) - Poki game adalah situs untuk bermain gim secara daring yang dirancang oleh dua orang programer Sebastian Moeys dan rekannya Michiel van Amerongen pada 2014.

Poki menjadi wadah gim daring yang diciptakan oleh berbagai pengembang gim daring di seluruh dunia, di mana para pemain dapat memainkan gim tanpa perlu mengunduh, memasang di gawai atau terganggu dengan hadirnya iklan.
 
Dilansir dari halaman about.poki.com/facts, tercatat ada lebih dari 60 juta pemain dalam gim daring tersebut setiap bulannya, serta lebih dari 300 pengembang gim daring yang berpartisipasi di Poki. Sementara total waktu bermain di situs Poki mencapai 2,5 juta jam per hari.

Pemain dapat memainkan permainan daring di Poki dengan perangkat komputer, tablet, bahkan ponsel, baik sebagai single player atau bersama teman.

Poki menyediakan katalog permainan dengan sejumlah kategori, seperti permainan ketangkasan, board game, permainan kartu, permainan mobil, dan masih banyak lagi. Dua dari sekian banyak permainan yang populer adalah "Subway Surfers" dan "Temple Run 2".

Sebelum permainan muncul di katalog, tim Poki meninjaunya melalui proses seleksi ketat untuk memastikan kualitas dan pengalaman menyenangkan bagi pemain.

Poki juga dilengkapi dengan fitur berisi 34 bahasa untuk kenyamanan dan memberikan keamanan privasi para pemain dari seluruh penjuru dunia mengingat aneka gim tersebut hanya dapat dimainkan secara daring dari laman resmi Poki. Jika menemukan konten permainan yang tidak pantas, pengguna Poki dapat melaporkannya melalui email hello@poki.com.

Melansir laman sdk.poki.com, disebutkan bahwa Poki memiliki tiga fase rilis untuk membantu permainan buatan pengembang menjadi sesukses mungkin, yaitu tes teknis, soft release dan rilis global.

Tes teknis adalah pengujian langsung yang dilakukan secara cepat melibatkan sekelompok kecil pemain untuk melihat potensi teknis dan memastikan permainan tersebut siap untuk menangani ribuan atau jutaan pemain.

Kemudian soft release adalah pengujian yang akan memberikan indikasi penerimaan pemain dan kinerja keseluruhan permainan, serta memungkinkan permainan untuk dimainkan oleh sebagian kecil pemain yang mewakili basis pemain global.

Rilis global menandakan permainan siap dimainkan oleh jutaan pemain di Poki dan memenuhi syarat untuk dijemput oleh sistem promosi di Poki, sehingga dapat muncul di salah satu "homepage" lokal, halaman kategori yang relevan dan halaman permainan.

Setelah permainan rilis global, maka Poki ikut mendorong pengembang untuk mengawasi kinerja permainannya serta umpan balik pemain untuk memperbarui permainan karena "bug" atau hambatan kinerja permainan atau untuk melibatkan kembali pemain dengan konten tambahan dalam permainan.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024