Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Sabang, Provinsi Aceh, menyatakan empat arena untuk pertandingan tiga cabang olahraga siap digunakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut.

“Terkait kesiapan, ada empat venue untuk tiga cabang olahraga yang dipertandingkan di Kota Sabang. Sejauh ini persiapannya sudah mendekati 100 persen semua,” kata Pj Wali Kota Sabang Andri Nourman di Kota Sabang, Selasa.

Ketiga cabang olahraga itu adalah aeromodelling di Pangkalan Udara Maimun Saleh dan Stadion Sabang Merauke, di Pulau Weh. Kemudian, selam laut di Pelabuhan CT-1 BPKS, dan terakhir, bola keranjang, di GOR Merah Putih.

“Mudah-mudahan semua pertandingan yang dilaksanakan di Kota Sabang dapat terselenggara dengan baik,” kata Andri.

Baca juga: Pemerintah tegaskan anggaran PON 2024 harus tepat sasaran

Andri menambahkan Pemkot Sabang juga telah menyiapkan akomodasi untuk atlet dan ofisial selama di Sabang sehingga tidak ada yang menghadapi masalah. Apalagi Sabang adalah daerah wisata yang selalu siap menerima wisatawan.

“Bagi teman-teman yang bertanding di Banda Aceh dan Aceh Besar, kami selaku daerah tujuan wisata, sangat siap menyambut teman-teman yang akan berkunjung ke Sabang. Kami yakin dan percaya juga para pelaku wisata di Sabang juga sudah siap dengan kondisi demikian,” kata Andri.

Andri berharap pelaku UMKM di Sabang bersiap dengan berbagai produk unggulan, mulai suvenir, kuliner, sampai kerajinan tangan.

“Kita sudah mengajak UMKM melalui dinas di Kota Sabang, supaya mereka siap dengan kehadiran tamu-tamu yang ada di Kota Sabang, baik atlet maupun sebagai pengunjung yang bagian daripada keluarga atlet,” pungkasnya.

Baca juga: PB PON Sumut operasikan bus untuk layani kontingen PON 2024

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024