Ankara (ANTARA) - Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat Jake Sullivan tiba di Beijing, China, Selasa, untuk memulai kunjungan tiga harinya di tengah meningkatnya ketegangan diplomatik di antara kedua negara kekuatan utama global tersebut, lapor China Central Television (CCTV).

Sullivan disambut Direktur Jenderal Kementerian Luar Negeri China Urusan Amerika Utara dan Oseania Yang Tao, dan Duta Besar AS untuk China Nicholas Burn di Bandar Udara Beijing, lapor media siar Pemerintah Tiongkok itu.

Kunjungan Sullivan ini merupakan yang pertama kali dilakukan penasihat keamanan nasional AS sejak delapan tahun lalu, dan hal ini dipandang sebagai persiapan menuju pertemuan puncak berikutnya antara Presiden Joe Biden dengan Presiden Xi Jinping.

Kedatangan Sullivan menjadi langkah penting untuk mengimplementasikan konsensus yang dicapai kedua pemimpin tersebut selama pertemuan mereka di San Fransisco pada 15 November 2023, sebut CCTV.

Selama kunjungan tiga harinya itu, Sullivan akan bertemu Menteri Luar Negeri Wang Yi, yang dijadwalkan pada Selasa dan Rabu, sebagai upaya kedua negara menstabilkan ketegangan yang ada.

Kedua pejabat tersebut telah bertemu selama empat kali dalam 16 bulan, yakni di Wina, Malta, Washington, dan Bangkok.

Sumber: Anadolu

Baca juga: China kecam pertemuan pejabat tinggi AS dengan Dalai Lama di New York
Baca juga: China ingin AS setop perilaku Israel bantai warga sipil di Gaza

 

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Rahmad Nasution
Copyright © ANTARA 2024