Jakarta (ANTARA) - DPP PDI Perjuangan (PDIP) tengah memfinalisasi sejumlah nama calon kepala daerah(cakada) yang belum sempat diumumkan pada tiga gelombang kemarin, termasuk untuk wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat hingga Jawa Timur.

Hal itu disampaikan Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga di sela-sela rapat internal yang tengah berlangsung di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa.

"Sebelum teman-teman media bertanya, tentu ini juga menjadi pertimbangan kami untuk merapatkan, mempersiapkan termasuk untuk DKI Jakarta kan begitu," kata Eriko.

"Sebelum ditanya, kan kita lebih bagus menyampaikan terlebih dahulu termasuk Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur. Nah ini sedang difinalkan sekarang, seperti itu," lanjutnya.

Selain itu, pada rapat hari ini, pihaknya turut membahas wilayah yang tidak ada kursi PDIP. Sehingga, partai berlambang banteng moncong putih itu tidak dapat mengusung bakal calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2024.

Meski begitu, sambung Eriko, masih banyak yang menginginkan PDIP untuk mendukung mereka. Menurutnya, hal ini harus diakomodir lantaran tidak sulit untuk diputuskan.

"Kalau yang katakanlah nol kursi kami di sana, itu kan tidak sulit. Hari terakhir juga masih bisa, itu yang kita lakukan sekarang," jelas Eriko.

Lebih lanjut, keputusan seperti ini juga dapat dilakukan pada detik-detik terakhir. Sebab, PDIP harus mengutamakan daerah-daerah yang sangat jauh untuk mendaftar pada hari ini dan besok.

"Nah itu keputusan-keputusan itu bisa kita lakukan pada saat akhir begini. Kan yang kita dahulukan kan daerah-daerah yang sangat jauh yang harus mendaftar hari ini dan besok," pungkasnya.

Tak hanya itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memerintahkan jajarannya untuk stand by di DPP dan membahas perkembangan politik yang ada.

Sebelumnya, PDIP telah mengumumkan 305 bakal calon kepala daerah yang diusung pada Pilkada 2024 saat pengumuman gelombang pertama tanggal 14 Agustus.

Kemudian mengumumkan 169 bakal calon kepala daerah dari PDIP pada gelombang kedua tanggal 22 Agustus.

Selanjutnya, pada Senin (26/8), PDIP kembali mengumumkan 60 bakal calon kepala daerah pada gelombang ketiga yang dilakukan di Kantor DPP PDIP, Jakarta.
Baca juga: PDIP akan usung Pramono-Rano Karno di Pilkada Jakarta 2024
Baca juga: Pakar sebut duet Andika-Hendi menunjukkan kepercayaan diri PDIP
Baca juga: Megawati minta cakada tak sekadar umbar janji manis di Pilkada 2024

 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024